PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD KELAS VI

Authors

  • Tri Sunarsih Universitas Terbuka
  • Ucu Rahayu Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
  • Murnaria Manalu Pendidikan Dasar Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10267

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pembelajaran Inkuiri, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia belum mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring, pembelajaran inkuiri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linear Berganda dengan uji ANAVA menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa pembelajaran daring konvensional tidak berpengaruh positif/ signifikan  terhadap hasil belajar IPA dengan kemandirian tinggi pada Kelas VI SDN Sumber Jaya 02 dengan  p value 0.000 atau ˃ 0,05. Pembelajaran daring konvensional tidak berpengaruh positif/signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan kemandirian rendah pada Kelas VI SDN Sumber Jaya 02 dengan  p value 0.000 atau ˃ 0.05. Pembelajaran daring berbasis Inkuiri berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA dengan kemandirian tinggi pada Kelas VI SDN Sumber Jaya 02 dengan  p value 0.000 atau ≤ 0.05. Pembelajaran Daring Berbasis inkuiri berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA dengan kemandirian rendah pada Kelas VI SDN Sumber Jaya 02 dengan  p value 0.000 atau ≤ 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argianti, Atin, and Sri Andayani. 2021. “Keefektifan Pendekatan STEM Berbantuan Wolfram Alpha Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi Dan Kemandirian Belajar.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 8(2):217–30. doi: 10.21831/jrpm.v8i2.35263.

Bukit, Servista. 2022. “Implementation of Contextual Learning Approach in Improving Students’ Independent Learning (Literature Study).” Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) 2(4):1627–38.

Darmawati, Siti, Kasliyanto Kasliyanto, and Abdullah Derlean. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka (Ptm) Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Dan Praktikumnya Ditinjau Dari Kemandirian Siswa.” Jurnal Muara Pendidikan 7(2):295–305. doi: 10.52060/mp.v7i2.920.

Dwikoranto, Dwikoranto. 2022. “Using Toulmin’s Argument Pattern on Problem Solving Model to Improve Problem-Solving Analysis Ability: Learning Alternatives During the Covid-19 Pandemic.” IJORER : International Journal of Recent Educational Research 3(2):200–209. doi: 10.46245/ijorer.v3i2.211.

Himmi, Nailul, Nina Agustyaningrum, and Iswanti Iswanti. 2021. “Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smk.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4):2497. doi: 10.24127/ajpm.v10i4.4229.

Roosilawati, Erwin, and Hartono Hartono. 2021. “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Fisika Berbantuan Modul.” Unnes Physics Education Journal 10(1).

Sasmita, K., E. Palenewen, S. Solihin K Karnadi, and And Badrudin. 2021. “What ’ s App Integrity in the Life Science Concept during the Covid-19 Pandemic What ’ s App Integrity in the Life Science Concept during the Covid-19 Pandemic.” doi: 10.1088/1742-6596/1760/1/012028.

Soesilo, Tritjahjo Danny, Firosalia Kristin, and Setyorini Setyorini. 2022. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Di Sma Dan Smk Kota Salatiga.” Satya Widya 37(2):79–91. doi: 10.24246/j.sw.2021.v37.i2.p79-91.

Widyarta. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Kemandirian Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.” 13(1):53–62.

Wulandari, Amalia Rizki, Masturi Masturi, and Fina Fakhriyah. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6):3779–85. doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1251.

Yatimah, D., R. Puspitaningrum, Solihin S, and Adman. 2018. “Development of Instructional Media Environmental-Based Child Blood Type Detector Cardboard ( KAPODA ) Formal and Informal Education Development of Instructional Media Environmental-Based Child Blood Type Detector Cardboard ( KAPODA ) Formal and Informal E.” IOP Publishing 434(012236):1–6. doi: 10.1088/1757-899X/434/1/012236.

Downloads

Published

2023-10-18