PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNS ANGKATAN 2016-2019

Authors

  • Dyah Arum Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Mintasih Indriayu Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Jonet Ariyanto N Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta,

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10258

Keywords:

Prokrastinasi Akademik, Locus Of Control, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik dan locus of control terhadap prestasi akademik mahasiswa.penelitian ini dilakukan di Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 177 mahasiswa dari Program studi Pendidikan Ekonomi. Metode dalam penelitian ini adalah Stratified random sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa prokrastinasi dan locus of control berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik yang dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel Yaitu 16,643 > 0,05. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan untuk lebih meningkatkan  prestasi akademik mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinsola, Tella & Tella. (2007). Correlates Of Academic Procrastination And Mathematics Anchivement Of University Undergraduate Student. Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Education. (Online). Vol. 3 (4), 363-367. (Www.Ejmste.Com, Diakses 5 Januari 2021).

Arifani, H., & Purnami, A. S. (2015). Hubungan Self Efficacy, Motivasi, dan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 25–32.

Azar, F. S. (2013). Self-efficacy, achievement motivation and academic procrastination as predictor of academic achievement in pre-college students. Proceeding of the Global Summit on Education, 173-178.

Djamarah, S.B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ferrari, J. R. (2010). Still Procrastinating? The No- Regrets Guid to Getting It Done. Canada: John Wiley & Sons, Inc.Press.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hamim, S. (2018). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 2 (3), 1–7.

Hastuti, W & Farid, M. (2015). Motivasi Kerja, Internal Locus OfControl Dan Kepuasan Kerja Pada Karyawan Bagian Marketing Dan Supporting Di PT X Cabang Surabaya. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02).

Karimi, R and Alipour, F. (2011). Social support and Job stress: Moderation role of Locus of control. Journal of Asian Scientific Research, vol. 1, issue 6, pp : 285-290.

Robbins, S. P. (2012). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Rosario, P., Costa, M., Nunez, J.C., Pienda, J.G., Solano, P., & Valle, A. (2009). Academic Procrastination: Associations with Personal, School, and Family Variabels. The Spanish Journal of Psychology. 12(1), 118-127.

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, Vol.3 No. 2, Mei 2020 : 37-48.

Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuraida. (2017). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Kognisi Jurnal, 2(1), 30–41.

Downloads

Published

2023-09-30