MEWUJUDKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN MENERAPKAN BUDAYA POSITIF PADA PESERTA DIDIK DI SDN 6 GRESIK

Authors

  • Nurul Fitria Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiya Gresik

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10252

Keywords:

character, Positive Culture, Profile of Pancasila Students

Abstract

ABSTRACTCharacter education must be instilled and taught to every individual. This needs to start from basic education. The aim of this research is to provide an overview of the implementation of positive school culture in order to realize the character of the Pancasila student profile at SDN 6 Gresik. This research uses a qualitative approach method with data collection techniques of observation, interviews and documentation. The results of this research show that the application of positive school culture to form the character profile of Pancasila students at SDN 6 Gresik is very good. This can be seen from several school activities carried out to support the process of habituation activities, implementation of agreements and regulations. Thus, culture is a means created to instill good character in each individual. ABSTRAKPendidikan karakter harus ditanamkan dan diajarkan kepada setiap individu. Hal ini perlu dimulai dari pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran berupa implementasi penerapan budaya positif sekolah guna mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila di SDN 6 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan budaya positif sekolah untuk membentuk kerakter profil pelajar pancasila di SDN 6 Gresik sangat baik. Hal ini terlihat dari beberapa kegiatan sekolah yang dilakukan untuk mendukung proses kegiatan pembiasaan, penerapan kesepakatan dan peraturan. Dengan demikian budaya merupakan salah satu sarana yang dibuat untuk menanamkan karakter yang baik bagi tiap individu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. d. (2021). Pentingnya menciptakan Pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. . Jurnal Pendas.

Alfiansyah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Materi Kerusakan Lingkungan di Kelas IV Sekolah Dasar.Ahmad, M. d. (2021). Pentingnya menciptakan Pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. . Jurnal Pendas.

Alfiansyah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Materi Kerusakan Lingkungan di Kelas IV Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27.

Devi Lestari, d. (2022). Penerapan Budaya Positif Dalam Mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Di Sd Negeri 4 Kelapa Kampit. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 71-73.

Halimah. (2018). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8.

Hidayati, N. (2016). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Implementasi Pendidikan Karakter.

Ismail, d. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan PendidikanAhmad, M. d. (2021). Pentingnya menciptakan Pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. . Jurnal Pendas.

Alfiansyah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Materi Kerusakan Lingkungan di Kelas IV Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27.

Devi Lestari, d. (2022). Penerapan Budaya Positif Dalam Mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Di Sd Negeri 4 Kelapa Kampit. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 71-73.

Halimah. (2018). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8.

Hidayati, N. (2016). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Implementasi Pendidikan Karakter.

Ismail, d. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 76-84.

Soraya, S. Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal Of Islamic Education, 74-81.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14.

Zulfiati, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SDN Bandungrejosari 1 Malang . Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 22-33.

Downloads

Published

2023-10-09