Pandangan Pengarang Tentang Rasisme Terhadap Masyarakat Kulit Hitam Amerika Dalam Novel Sing, Unburied, Sing, Karya Jesmyn Ward

Authors

  • Yudha Oka Pratama Universitas Andalas
  • Silvia Rosa sylvierosha2@gmail.com
  • Ferdinal Ferdinal Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10246

Keywords:

Rasisme, Strukturalisme Genetik, Pandangan Dunia Pengarang, Sing, Unburied, Sing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pandangan pengarang tentang rasisme yang dilakukan orang kulit putih terhadap orang kulit hitam yang dimunculkan dalam novel Sing, Unburied, Sing karya Jesmyn Ward. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dialektik. Metode dialektik bertujuan untuk melihat adanya kesamaan antara fenomena dalam karya sastra dengan unsur diluar karya sastra seperti bagian dari kehidupan pengarang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa novel Sing, Unburied, Sing merupakan pandangan pengarang tentang krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh rasisme yang terjadi pada masyarakat kulit hitam di Amerika. Pertama, krisis kemanusiaan yang ditimbulkan oleh rasisme adalah hilangnya keadilan bagi orang kulit hitam dikarenakan kebijakan pemerintah. Kedua, hilangnya rasa kemanusiaan dikarenakan adanya perlakuan kekerasan terhadap orang kulit hitam, baik secara fisik ataupun maupun secara verbal. Ketiga, kuatnya cara pandang yang merendahkan diwujudkan dalam sikap penolakan yang dilakukan oleh orang kulit putih terhadap orang kulit hitam. Keempat, adanya sikap menguasai yang berlebihan yang diwujudkan dalam tindakan perampasan hak yang dilakukan oleh orang kulit putih terhadap orang kulit hitam. Berdarkan fakta yang disampaikan oleh       pengarang melalui novel Sing, Unburied, Sing, hal tersebut merupakan suatu bentuk kritik tertulis terhadap ideologi rasisme yang masih hidup hingga saat ini di Amerika Serikat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. In Gresik. Graniti.

Alo, L. (2005). Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural. In PT LKIS Yogyakarta. Indonesia.

Connole. (1993). Research methodology 1: Issues and methods in research. In ictoria: Deakin University.

Faruk. (2010). Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post Modernisme. In Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Goldmann. (1967). The Hidden God. Philip Thody. In London: Routledge and Kegan Paul Ltd.

Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). In Cv. Ae Media Grafika (Vol. 1, pp. 1–204).

Koswara, R. B., Komunikasi, I., Kristen, U., & Surabaya, P. (2014). Penerimaan Penonton Usia Dewasa Terhadap Kekerasan Verbal Dalam Lawakan Stand Up Comedy Metro TV. Jurnal E-Komunikasi, 2(3).

Mandagie, A. S. J. (2020). Proses Hukum Tindak Pidana Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh Anak Dibawah Umur Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Lex Crimen, IX(2), 12–26.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. In Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 1–11.

Nadar. (2016). Penolakan Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Indonesia. Jurnal Sastra, 17(2), 166–178.

Rusyidi, B. (2017). Defenisi Kekerasan Terhadap Istri Kesejahteraan Sosial. In Universitas Padjajaran.

Safira Putwi, N. (2021). Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Desa Pemerintah Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Enersia Publika, 5(2), 474–489.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-10-22