PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090Keywords:
Pendidikan Agama Islam; Karakter Religius; Sekolah DasarAbstract
Artikel ini membahas tentang peran penting Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius pada siswa sekolah dasar. Pembahasan meliputi dua aspek utama, yaitu penanaman nilai-nilai agama Islam sebagai landasan karakter religius dan integrasi Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum sekolah dasar. Penanaman nilai-nilai agama Islam memiliki peran krusial dalam membentuk karakter siswa yang taat beribadah, jujur, toleran, dan berempati. Nilai-nilai seperti kasih sayang, tolong-menolong, dan menghormati sesama manusia menjadi inti dalam membina karakter religius. Artikel ini juga mengungkapkan pentingnya integrasi Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum sekolah dasar sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan agama Islam secara komprehensif. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kajian literatur. Integrasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman praktis terkait ajaran agama Islam. Siswa sekolah dasar dapat tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, serta berkomitmen tinggi dalam menjalankan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.Downloads
References
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257-264.
Musya’Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(1), 9-27.
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Al-Murabbi, 3(2), 263-278.
Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 85-89.
Saputro, J. D., & Hidayah, Y. (2023). PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN DI PONPES DARUL ULUM JOMBANG. PROFICIO, 4(2), 81-89.
Aulia, L. R. (2016). Implementasi nilai religius dalam pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(3), 314-323.
Nugroho, M. T. (2020). Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 91-95.
Salsabila, U. H., Hutami, A. S., Fakhiratunnisa, S. A., Ramadhani, W., & Silvira, Y. (2020). Peran Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(3), 329-343.
Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Sampoerna, M. N. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244-261.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.