MEMBANGUN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR UNTUK MENGHADAPI PERUBAHAN KURIKULUM DAN TUNTUTAN PENDIDIKAN ABAD KE-21

Authors

  • Irfa Fatihatur Rahmah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10078

Keywords:

Kompetensi Guru, Kurikulum Pendidikan, Abad Ke-21

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menelaah sudut pandang global dalam pengembangan kurikulum yang ada, dan juga peran guru sekolah dasar dalam menghadapi tuntutan perkembangan di abad 21, serta tuntutan kompetensi pengembangan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode pustaka (review research) dan studi analisis untuk membangun tatanan teoritis atas materi ini. Guru abad 21 dituntut tidak hanya mampu mengajar dan mengelola kegiatan kelas dengan efektif, namun juga dituntut untuk mampu membangun hubungan yang efektif dengan siswa dan komunitas sekolah, menggunakan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu pengajaran, serta melakukan refleksi dan perbaikan praktek pembelajarannya secara terus menerus. Untuk itu guna untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik di zaman informasi ini menuntut guru untuk memiliki keterampilan teknologi yang dibutuhkan agar dapat memanfaatkan kekuatan komputer dan teknologi yang terkait dengannya untuk pengajaran yang efektif. Selain itu, peningkatan kapasitas Pendidikan, guru membutuhkan kompetensi, kesadaran dan pemahaman akan pentingnya semua aspek Guru harus bersikap profesional dinamisator, fasilitator, dan katalisator yang mewujudkan siswa menjadi kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, Karim S., 2017. Pembelajaran Ab

ad 21, (Yogyakarta: Gava Media). Destiana, B., & Utami, P. (2017). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru Vokasional Pada. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 211-222 Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Tela ah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiper spektif. Bumi Aksara. Ilmiah, J., Guru, P Dasar, S., & Kuala, U. S. (2017). De skripsi Kompetensi Pedagogik Guru di S D Negeri 40 Banda Aceh Zulhandayani, Mahmud HR, Bukhari. 2, 193-203. Kadeni. (2014). Pentingnya Kecerdasan Emo sional Dalam Pembelajaran. EQUILIBRIU

M, 2.

Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D.

(2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Ko operatif Berbantuan Media Presentasi Terh adap Hasil Belajar Peserta Didik Pada M ata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274. https://doi.org/10.17509/edutech.v1312. 3113

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21.

EduHumaniora | Jurnal Pendidikan D asar Kampus Cibiru, 11(2), 117- 126. https://doi.org/10.17509/ch.v11i2.18821

Prasojo, lantip dian, & Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. yogyakarta: Gava Media

Sari, Y. S. (2018). Pengembangan Kompete nsi Pedagogik Guru SD dalam Pembelaja ran Tematik Integratif Kurikulum 2013 B erbasis Budaya Lokal. Ensains Journal, 1( 1), 64-

https://doi.org/10.31848/ensains. vli1.53 Siti Zubaidah. (2018). keterampilan abad ke

: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Universitas Negri Malang, 3

Scott, C.L., 2015 a. "The Futures Of Lear ning 1: Why Must Learning Content An d Methods Change In The 21st Century? "UNESCO Education Research and Fore sight, Paris. ERF Working Papers Series, No. 13. Scott, C.L. 2015 b. "The Futu res Of Learning 2: What Kind Of Learn

ing For The 21st Century?

"UNESCO Education Research and Fore sight, Paris. ERF Working Papers Series, No. 14. Scott, C.L. 2015 c. "The Futur es Of Learning 3: What Kind Of Pedag ogies For The 21st Century? "UNESCO Education Research and Fore sight, Paris. ERF Working Papers Series, No. 14. Scott, C.L. 2015 c. "The Futur es Of Learning 3: What Kind Of Pedag ogies For The 21st Century?

UNESCO Education Research and Fore sight, Paris. ERF Working Papers Series, No. 15.

Syarifuddin, S. (2020). Peningkatan Kompet ensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ih sanul Amal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidik an Nonformal, 6(2), 169. https://doi.org/10 .37905/aksara.6.2.169- 178.2020 Umi, R., Nopriansyah, U., & P

urnama, S. (2019). Korelasi Kepemimpina n Kepala Taman Kanak- kanak Terhadap Kinerja Kompetensi Peda gogik dan Kompetensi Profesional Guru.

Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552 Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017 ). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik dala m Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidika n Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27. https:/ /doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153

Downloads

Published

2023-09-06