ANALISIS PERKEMBANGAN ANAK USIA SD DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI

Authors

  • Aina Lutfiah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10069

Keywords:

perkembangan, pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan fisik-motorik, perkembangan kognitif-perseptual, perkembangan sosial-emosional, perkembangan bahasa, perkembangan moral etika dan estetika, dan perkembangan spiritual anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu buku, artikel, dan jurnal yang relevan dengan kajian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap perkembangan anak usia sekolah dasar yang terdiri dari perkembangan fisik-motorik, perkembangan kognitif-perseptual, perkembangan sosial-emosional, perkembangan bahasa, perkembangan moral etika dan estetika, dan perkembangan spiritual berbeda-beda antara anak yang satu dengan lainnya. Masa pandemi berdampak buruk bagi perkembangan anak. Pada masa ini banyak anak yang terlambat dalam tumbuh kembangnya. Untuk meningkatkan perkembangan anak usia sekolah dasar diperlukan kerjasama yang lebih kuat antara sekolah dengan orangtuanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, M. P., Irdamurni, & Neviyarni. (2020). PERKEMBANGAN BAHASA, EMOSI, DAN SOSIAL. Jurnal Ilmiah "Pendidikan Dasar".

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman .

Murti, T. (2018). PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK DAN PERSEPTUAL. WAHANA SEKOLAH DASAR (kajian Teori dan Praktik Pendidikan).

Padila, Sartika, A., Andri, J., Andrianto, M. B., & Sunarsih. (2022). IMPACT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Keperawatan Silampari.

Wati, R. (2020). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DASAR. PALAPA: jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan.

Wulandari, D. R., & Fadhila, A. R. (2021). PERAN ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMIC COVID-19. JURNAL PARADIGMA.

Downloads

Published

2023-09-04