ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS 3 DI SDN UTAN KAYU SELATAN 05

Authors

  • Erwina Dwi Destianingsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10061

Keywords:

Literasi, Baca-Tulis, Kemampuan Membaca

Abstract

Artikel ini membahas tentang faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Utan Kayu Selatan 05. Literasi baca-tulis adalah keterampilan mendasar yang harus dikuasai siswa sejak dini, karena merupakan landasan untuk memahami dan menguasai berbagai mata pelajaran lainnya serta berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan sosial. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya kemampuan intelegensi, minat belajar, dan motivasi belajar siswa. Faktor eksternal melibatkan kurangnya perhatian dari orang tua, pengaruh negatif media seperti televisi dan HP, pengaruh teman bermain yang tidak produktif, serta kurangnya kemampuan guru dan sarana prasarana sekolah yang memadai. Kesimpulannya, perbaikan dalam aspek-aspek yang telah diidentifikasi sangat penting untuk meningkatkan literasi baca-tulis siswa. Strategi dan intervensi perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan intelegensi siswa, meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta meningkatkan peran orang tua dan keluarga dalam mendukung pendidikan anak. Kemampuan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang inovatif juga harus diperkuat. Selain itu, perlu ada perhatian pada sarana dan prasarana sekolah yang mendukung kegiatan literasi baca-tulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. (n.d.). Bagaimanakah Teknis Analisis Data Dilakukan Secara Interaktif Menurut Miles dan Huberman. Retrieved July 2023, from https://sarifudin.com/020001/karya-tulis-ilmiah/47-ki0401/179-bagaimana-membuat-analisis-data-analisis-data-dapat-dilakukan-secara-interaktif

Admin. (n.d.). Home. Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Informasi - Universitas Medan Area. https://bakai.uma.ac.id/2022/01/27/pengertian-macam-dan-langkah-langkah-dari-teknik-analisis-data/

Bab III metode Penelitian A. Pendekatan Penelitian – UNY. (n.d.).

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta.

Mardika, Tiwi (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Retrivied July 2023.

Model-model Analisis Data. (n.d.). Metodologi Penelitian: Model-model Analisis Data. https://metopenkomp.blogspot.com/2017/11/model-model-analisis-data.html

Purwanto (2010). Intelegensi: Konsep dan Pengukurannya. STAIN: Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved July 2023.

Rohani, Siti (2021). Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca dan Menulis Kelas IV di SDN 85 Kota Lubuk Linggau. Skripsi. Retrivied July 2023.

Salmaa. (2021). Teknik analisis data: Pengertian, Macam, dan Langkah-Langkahnya. Penerbit Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/teknik-analisis-data/

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Witanto, Janan (2018). Minat Baca Yang Rendah. Skripsi.

Downloads

Published

2023-09-06