ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENULIS PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putri Mashlahati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10050

Keywords:

Kesulitan Belajar, Menulis Permulaan, Sekolah Dasar

Abstract

Menulis awal adalah bentuk kemampuan dasar untuk menyampaikan pola bahasa dalam bentuk tertulis. Siswa di sekolah dasar memiliki potensi yang sama untuk menulis, tetapi tidak setiap siswa memiliki keterampilan menulis yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan belajar menulis awal dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar menulis awal pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode yang digunakan adalah Studi Kepustakaan. Berdasarkan data diperoleh bahwa kesulitan menulis awal yang dialami siswa sekolah dasar adalah: Kesulitan membedakan huruf yang bentuk dan bunyinya hampir sama, spasi masih belum stabil, ukuran font tidak stabil, dan tulisan masih terlalu panjang. Kesulitan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: faktor internal siswa meliputi lemahnya kemampuan motorik halus, kemampuan visual, daya ingat lemah, rendahnya minat dan motivasi belajar, serta kebiasaan belajar yang dilakukan siswa baik di kelas maupun di rumah. Sedangkan faktor eksternal siswa antara lain kurangnya perhatian orang tua terhadap siswa, suasana rumah yang tidak mendukung, kondisi lingkungan dan pengaruh media sosial. Oleh karena itu, guru perlu memberikan perhatian ekstra kepada siswa yang masih kesulitan belajar menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Arrohmah, N. (2022). Kesulitan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Tahunan Pacitan (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360-7367.

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).

Putri, I. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENULIS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RANTAU SELAMAT KEC. RANTAU SELAMAT KAB. ACEH TIMUR. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 5(1).

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189-199.

Downloads

Published

2023-09-06