PERAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPAN PINTAR” PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Iin Syarifatul Inayah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10049

Keywords:

Kata Kunci: Pendidikan, Tenaga Pendidik, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Sekolah dasar merupakan fase penting dalam perkembangan anak yang dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan. Siswa diharapkan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan perlu adanya media pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran, khususnya bidang IPA. Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan agar proses belajar mengajar dapat tercapai dengan lancar. Media pembelajaran dirancang secara menarik, untuk membangkitkan motivasi siswa pada saat proses pembelajaran. Dengan media yang menarik siswa tidak akan merasa bosan, akibatnya siswa akan memperhatikan penjelasan guru dan proses pembelajaran berjalan dengan baik. Media yang digunakan adalah media papan pintar, media ini bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam berinteraksi selama kegiatan pembelajaran. Penelitian yang digunakan untuk mengkaji peran media smart board adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian berupa studi literatur atau studi literatur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., S.W. Anggraeni., U.Wiharti dan N.M. Soleha. 2019.Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian. 1(1):66-72.

Pamungkas, A., B.Subali dan S.Lunuwih. 2017.Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasisi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 3(2):118-127.

Miftah, Muhammad. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan Vol. 1 Nomor 2, Desember 2013. BPMP Kemdikbud.

Putri, Sri Kurniawati. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMBEAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA TEKI SILANG) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MURID KELAS V SDN SALAGEDANG I KABUPATEN GOWA. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ulfa Amalia, Julianto Julianto. 2018. “Pengarus Penggunaan Media Ulartangga Cobaku Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 85-96.

Downloads

Published

2023-09-06