ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10048Keywords:
Literasi Numerasi, Pembelajaran MatematikaAbstract
Budaya literasi di Indonesia masih rendah, faktor yang mempengaruhi rendahnya literasi di Indonesia adalah rendahnya minat membaca masyarakat Indonesia. Literasi sendiri dapat dihubungkan dengan keterampilan pada bidang tertentu. Literasi yang erat kaitannya dengan kemampuan berpikir kritis adalah literasi numerasi. Literasi numerik erat kaitannya dengan matematika sehingga literasi numerasi merupakan kemampuan bernalar dengan menggunakan bahasa dan matematika. Literasi Numerik memberi siswa lingkungan belajar yang efektif untuk meningkatkan keterampilan matematika dan keterampilan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan terbaik literasi numerasi dalam pembelajaran matematika dan dampaknya terhadap pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah studi literatur yang sistematis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa literasi numerasi dalam pembelajaran siswa di MI/SD cukup efektif untuk dilaksanakan melalui stimulus siswa. Misalnya dengan mengadakan pembelajaran literasi berbasis numerasi, dan juga menumbuhkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan merangsang imajinasi. Berdasarkan hasil tinjauan sistematis literatur ditemukan bahwa penerapan literasi matematika dalam pembelajaran matematika harus memperhatikan isi pelajaran, metode yang digunakan dalam pembelajaran harus berbasis masalah dan proyek, serta pembelajaran harus kooperatif. . Selain itu, literasi numerasi dalam pembelajaran matematika cenderung meningkatkan kompetensi matematika abad 21 khususnya dalam memecahkan masalah.Downloads
References
Annisa, Aura Amalia. (2022). Literasi,
Numerasi dan Adaptasi
Teknologi Kampus Mengajar 2
di Sekolah Dasar Negeri 1
Sumbawa Kabupaten
Banyuasin Provinsi Sumatera
Selatan. Suluh Abdi: Jurnal
Ilmiah Pengabdian Kepada
Masyarakat. 4 (1): 55-64.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D.
(2020). Analisis pengetahuan
numerasi mahasiswa
matematika calon guru.
Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 9(02), 237–247.
http://ejournal.unkhair.ac.id/inde
x.php/deltapi/article/view/2299
Ekowati, D. W., Suwandayani, B. I.
(2018). Literasi Numerasi untuk
Sekolah Dasar. UMM Press.
Jakarta.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I.
W. P., Mukhlishina, I., &
Suwandayani, B. I. (2019).
Literasi Numerasi di SD
Muhammadiyah. ELSE
(Elementary School Education
Journal) : Jurnal Pendidikan
Dan Pembelajaran Sekolah
Dasar, 3(1), 93.
https://doi.org/10.30651/else.v
i1.2541
Hawa, Anni Malihatul. (2018). PISA
Untuk Siswa Indonesia.
JANACITTA: Journal of
Primary and Children’s
Education. 1 (1): 1-8.
Muliantara, I. K., & Suarni, N.
K. (2022). Strategi
Menguatkan Literasi dan
Numerasi untuk Mendukung
Merdeka Belajar di Sekolah
Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 4(3),4847–4855.
https://doi.org/10.31004/edukat
if.v4i3.2847
Perdana, R., & Suswandari, M.
(2021). Literasi Numerasi
Dalam Pembelajaran
Tematik Siswa Kelas Atas
Sekolah Dasar. 3(1), 9–15
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.