PERAN ORANG TUA SEBAGAI FASILITATOR PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER HASIL PEMBELAJARAN PKN DI LINGKUNGAN RUMAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10044Keywords:
Role of parents, facilitator, character educationAbstract
ABSTRACT The purpose of this research was to find out the role of parents at home environment as facilitator in applying in the results of character education learning in PKN content at school. The method used in this research is literature study. The results of this study show that the role parents at home as a facilitator has very large impact on the implementation of character education for children resulting from PKN learning at school. The basic character of a child starts with education in the family environment, and then the child enters school age, character education is further developed in the school environment, one of which is in the PKN learning content. From this learning outcomes, the role of parents must be able to support children in applying these learning outcomes at home environment in their daily activities. So the basic character and character development that has been learned can continue to be applied in life if there is control from parents as a facilitator of learning outcomes. Keywords: role of parents, facilitator, character education ABSTRAK Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dilingkungan rumah sebagai fasilitator dalam penerapan hasil belajar Pendidikan Karakter pada muatan pembelajaran PKN di sekolah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua di rumah sebagai seorang fasilitaor memiliki dampak yang sangat besar pada penerapan pendidikan karakter anak hasil dari pembelajaran PKN di sekolah. Basic karakter seorang anak berawal dari pendidikan dilingkungan keluarga yang kemudian ketika anak memasuki usia sekolah, maka pendidikan karakter itu dikembangkan lagi dilingkungan sekolah salah satunya yaitu dalam muatan pembelajaran PKN. Dari hasil belajar ini peran orang tua tentunya harus mampu mendukung anak dalam penerapan hasil belajar tersebut dilingkungan rumah dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga basic karakter dan pengembangan karakter yang telah dipelajari dapat terus diaplikasikan dalam kehidupan apabila ada control dari orang tua sebagai seorang fasilitator dari hasil belajar anak. Kata Kunci: peran orang tua, fasilitator, pendidikan karakterDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Fadilah. dkk. 2021 Pendidikan Karakter. Bojonegoro. CVAGRAPANA MEDIA
Subianto, J. (2013) Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 337-338
Pratiwi, N. K. S. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar. 83
Sutika, I. M. (2017). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Anak Dilingkungan Keluarga. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra. 3
Puapytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Islam. 5
Widianto, E. (2015). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG -PAUD Trunajaya. 32-33
Nur Aulia, E. R & Dewi, D. A (2021) Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD Sebagai Bentuk Implementasi PKN. Edukasi Tematik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 49-50
Setiardi, D. (2017). Keluarga Seabagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi. 140
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.