MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Emilia Kartika PGSD Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10041

Keywords:

media pembelajaran, komik digital, memahami materi

Abstract

Dalam penyampaian sebuah materi perlu adanya alat yang dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. Tidak terlepas dari kemajuan zaman, media pembelajaran sebaikanya dibawakan sesuai zaman sekarang. Kita sebagai tenaga pengajar dapat mengetahui bahwa siswa sekarang rata-rata sudah memahami dan tertarik pada teknologi. Siswa menganggap pembelajaran IPA membosankan, kurang menarik dan sulit. Sehingga siswa kehilangan semangat dan minat untuk mengikuti proses pembelajaran dan berakibat pemahaman siswa kepada materi dan literasi siswa masih minim serta tujuan pembelajaran belum tercapai dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjadi referensi penerapan komik digital untuk meningkatkan kemampuan memahami materi IPA pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan/jenis studi literatur atau studi kepustakaan. Studi literatur adalah sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara menggunakan teknik pengumpulan data dan berbagai informasi terkait pembahasan yang diteliti dari berbagai macam alat penunjang seperti buku, jurnal, artikel, referensi penelitian terdahulu yang sudah dilakukan sebelumnya, jurnal dan berbagi macam sumber. Jenis penelitian studi literatur ini digunakan untuk merangkai konsep mengenai media pembelajaran comic digital pada muatan ilmu pengetahuan alam dalam meningkatkan kemampuan memahami materi IPA siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurfadhillah, Septy (2021). Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana (2014). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan. DanSSs Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia

Yandari, Indhira Asih Vivi dan Kuswaty, Maya. (2017). Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JPSD 3

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2 No 2

Sari M. (2020) Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science. ISSN 2715-470

Kurniawati J dan Baroroh S. (2016), “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” Jurnal Komunikator 8, no. 2 (2016)

Julianto, J. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA IPA KELAS V SEKOLAH DASAR.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171-185.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737-756.

Hapsari, I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS MODEL PBL MATERI SUMBER ENERGI PADA MUATAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 TISTA KABUPATEN TABANAN (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Wisudawati, R., Puspitasari, Y. D., & Pratama, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 10(2), 59-67.

Suprayitno, S., & Putri, W. T. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1).

Ferania, M., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 489-499.

Downloads

Published

2023-09-06