IMPLEMENTASI METODE ATOMIC HABITS DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10035Keywords:
Kata Kunci: Atomic Habits, Karakter Religius, Sekolah DasarAbstract
Karakter religius merupakan aspek penting bagi siswa sekolah dasar yang dibina melalui pendidikan karakter. Kondisi sekarang menunjukkan penurunan karakter di kalangan pendidikan termasuk sekolah dasar. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep Atomic Habits dalam buku “Atomic Habits: Perubahan Kecil Yang Memberikan Hasil Luar Biasa” dan implementasinya dalam pembinaan karakter religius siswa sekolah dasar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif diikuti dengan studi literature sebagai metode penelitian sehingga melibatkan peninjauan, analisis, dan sintetis literatur yang relevan dengan topik penelitian. Konsep metode Atomic Habits dalam buku “Atomic Habits: Perubahan Kecil Yang Memberikan Hasil Luar Biasa” berupa metode pembiasaan yang dilakukan dalam empat kaidah perubahan perilaku yaitu hukum pertama (petunjuk) menjadikannya terlihat, hukum kedua (gairah) menjadikannya menarik, hukum ketiga (tanggapan) menjadikannya mudah, dan hukum keempat (ganjaran) menjadikannya memuaskan. Implementasi metode Atomic Habits dalam membina karakter religius siswa sekolah dasar dapat dilakukan dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai dengan spesifik, merancang sistem untuk mencapai tujuan, menerapkan metode Atomic Habits, serta melakukan evaluasi dan koreksi.Downloads
References
Abdullah Safei, K. M. (2022). Kesasaran Diri Qurani Melalui Metode Atomic Habits Dalam Membangun Karakter Spiritual. ZAD Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 240-259.
Achmad Dahlan Muchtar, A. S. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Pedagogia, 21-33.
Clear, J. (2018). Atomic Habits: PERUBAHAN KECIL YANG MEMBERIKAN HASIL LUAR BIASA. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Duhlg, C. (2013). The Power of Habit. Jakarta: Gramedia.
Fauzia, M. (2022). KemenPPPA: 797 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual Sepanjang Januari 2022. kompas.com.
Ifnaldi Nurmal, S. S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar.
Iksan, A. (2019). Ditegur Merokok di Dalam Kelas, Siswa SMP Malah Menantang Guru Berkelahi. 2019: sindonews.com.
Ima Maisaroh, S. M. (2021). MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG. Jurnal Pendidikan Karakter "JAWARA" (JPKJ).
Isman, A. N. (2022). Pendidikan Karakter Menurun Disebut Jadi Penyebab Deretan Kasus Pelajar. Makassar: sindonews.com.
Jelpa Periantalo, N. E. (t.thn.). KONSTRUKSI ALAT UKUR KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR. PSYCHO IDEA, 2018.
Laelatul Arofah, S. A. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 16-28.
Mubin, M. S. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MASA PANDEMI. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Mutoharoh, Y. K. (2016). PENGARUH KETERIMAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP JUMLAH PENDAFTAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAKARTA. PARADIGMA.
Nurmalasari, N. (2014). MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Wacana.
Safei, A. (2022). Membangun Karakter Spiritual Melalui Metode Atomic Habits Dalam Perspektif Al-Quran. Diss. Institut PTIQ Jakarta.
Sofyan, T. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER: Peluang Dalam Mmbangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.
Wahyuni, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER: Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Widiarsa. (2019). KAJIAN PUSTAKA (LITERATURE REVIEW) SEBAGAI LAYANAN INTIM PUSTAKAWAN BERDASARKAN KEPAKARAN DAN MINAT PEMUSTAKA. Media Informasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.