UPAYA STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS SISWA KELAS II SDN GRIYA BUMI ANTAPANI

Authors

  • Fajriyatur Robi'ah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hana Yunansah PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kamda Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10027

Keywords:

Bahasa Inggris, Keterampilan berbahasa, Sekolah dasar

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk melakukan komunikasi internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inngris siswa kelas 2 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi dan kajian jurnal sebagai penguat data yang telah diperoleh dari hasil observasi. Penulis menggunakan metode ini untuk bisa mendapatkan data secara mendalam dengan melihat langsung fenomena atau kondisi asli permasalahan yang terjadi. Setelah data hasil observasi terkumpul, selanjutnya penulis mencari teori dari kajian jurnal untuk mendukung fakta yang terlihat dari hasil observasi. Hasil penelitian ini adalah diberlakukannya sebuah upaya dalam menghidupkan kembali pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar. Upaya ini dilakukan agar pembelajaran bahasa Inggris dapat dimaknai sebagai kebutuhan dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang mampu bersaing di ranah internasional. Bahasa nasional atau bahasa Indonesia memang menjadi bahasa utama yang harus dipelajari, namun mempelajari bahasa Inggris bukan berarti hilangnya rasa nasionalisme dalam diri manusia bahkan sebaliknya, mempelajari bahasa Inggris merupakan bekal dalam menghadapi kehidupan yang berkembang dan memenuhi tuntutan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayati, N. N. (2018). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Guru Anak Usia Dini. Al Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 59–74.

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 10(50), 7.

Nisa, I. F. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 191–199.

Niyarci, Diana, & Setiawan, D. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 47–55.

Nuriyah, L. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 9.

Robiah, F., Suhandi, A. M., & Wahyuningsih, Y. (2023). Upaya Strategis dalam Meingkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Budaya di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 7(2), 327–341.

Sari, I. N., Lestrari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A, Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistianam, D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Unisma Press.

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid : Karya Ilmiah Mahasiswa Bertauhid, 1(3), 6.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Lingusitic Comunity Services Journal, 1(2), 64–70.

Syahputra, I. (20014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Kutubkhanah : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), 127–145.

Syarifa, C., & Kusuma, D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 8(1), 12.

Taufiq, W., Sinduwiatmo, K., & Kusuma, K. A. (2020). Materi Bahasa Inggris untuk Kegiatan Luar Sekolah Pondok Pesantren. Seminar Nasional ADPI, 1(1), 65–68.

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Bahtera : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 9.

Downloads

Published

2023-09-08