PERAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SD KELAS TINGGI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Salsa Dilah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10022

Keywords:

HOTS, IPA, Era Society 5.0

Abstract

Dalam melakukan pemerataan, program pemerintah mencanangkan era society 5.0. Era society 5.0 ini dicetuskan oleh pemerintah Jepang dengan konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human centered) dan berbasis teknologi (technology based). Diluncurkannya era society 5.0 ini menjadi peluang dan tantangan untuk masyarakat khususnya siswa dalam meningkatkan keterampilan belajar sebagai modal untuk masa mendatang. Perlunya siswa menghadapi tantangan era society 5.0 ini, maka siswa harus menerapkan pembelajaran IPA berbasis HOTS (higher order thinking skills), yang merupakan proses berfikir siswa dengan level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep taksonomi pembelajaran seperti taksonomi Bloom, taksonomi pembelajaran, pengajaran dan penilaian. Tujuan dari siswa menerapkan HOTS, yaitu agar meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir kritis pada level yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Hasilnya dengan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS di SD kelas tinggi melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah sendiri dengan pengetahuan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Usmaedi, U. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 82-95.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220-231.

Maulidah, E. (2019, April). character building dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran di era revolusi indutri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Dacholfany, M. I. KONSEP RENOVASI PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA MILINEAL (TANTANGAN DAN SOLUSI).

Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran ipa sd berbasis hots (higher order thinking skills) menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21. In Seminar Nasional PGSD Unimed (Vol. 2, No. 1, pp. 246-311).

Hendriawan, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 2(2), 72-85.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.

Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 78-87.

Yuniharto, B. S., & Nisa, A. F. (2022). Implementasi pembelajaran berorientasi HOTS dan kreativitas pada muatan pelajaran IPA siswa SD Negeri Sariharjo. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 115-122.

Taubah, M. (2019). Penilaian HOTS dan penerapannya di SD/MI. Jurnal Elementary, 7(2), 197-214.

Hastuti, W. S., Pujiastuti, P., Tiarani, V. A., Nugroho, I. A., & Herwin, H. (2021). Pelatihan pengembangan pembelajaran berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru sekolah dasar. FOUNDASIA, 12(1).

Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., ... & Firmansyah, H. (2021). Model pembelajaran era society 5.0 (Vol. 1). Penerbit Insania.

Subakti, H., Laksana, I., Rochmawan, A. E., Zanthy, L. S., Louk, M. J. H., Bhoke, W., ... & Hasanah, S. U. (2022). Evaluasi pada pembelajaran era society 5.0. Penerbit Media Sains Indonesia.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100.

Fanani, A. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar Kelas V. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-11.

Hastuti, W. S., Pujiastuti, P., Tiarani, V. A., Nugroho, I. A., & Herwin, H. (2021). Pelatihan pengembangan pembelajaran berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru sekolah dasar. FOUNDASIA, 12(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.36360

Istiqomah, S.Pd., M. Pd. (2018). Pembelajaran dan penilaian higher order thinking skills. Surabaya: CV Pustaka Media Guru.

Kristiyono, A. (2018) Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills di Sekolah Urgency and Implementation of Higher Order Thinking Skills in Schools. Retrieved from https://bpkpenabur.or.id/media/eoahmbrx/hal-36-46-high-order.pdf

Wicaksono, A., & Bagus Sugiharto, F. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) DI SEKOLAH DASAR KOTA MALANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 598 - 605.

Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.

Abosalem, Y. (2016) Assessment Techniques and Students‟ Higher Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education 2016; 4(1): 1-11

Kemdikbud (2017) Panduan Penilaian HOTs. Jakarta: Diraktorat Guru dan Tenaga Kependidikan

Goethals, P.L.( 2013) The Pursuit of Higher-Order Thinking in the Mathematics Classroom: A Review. Review submitted in partial fulfillment of the Master Teacher Program, a 2-year faculty professional development program conducted by the Center for Faculty Excellence, United States Military Academy, West Point, NY.

Saputra, D., Said, E., & Maipauw, N. J. (2020). Peran pendidikan di era milenial. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 18-22.

Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran ipa sd berbasis hots (higher order thinking skills) menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21. In seminar nasional PGSD Unimed (Vol. 2, No. 1, pp. 246-311)

Downloads

Published

2023-09-07