Perancangan Aplikasi Belajar Matematika (Smartmath) Menggunakan Metode User Centered Design

(Studi Kasus : Sekolah Dasar Kelas 1)

Authors

  • Adrian Hartanto Hidayat
  • Caca E. Supriana

Keywords:

Aplikasi Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, User Centered Design

Abstract

Smartmath adalah aplikasi belajar matematika untuk tingkat/kelas 1 Sekolah Dasar, pada siswa tingkat kelas 1, siswa berumur 6 sampai 7 tahun yang sedang mengalami pengembangan kemampuan kognitif, sehingga membutuhkan adanya pendampingan belajar ataupun media belajar yang memumpuni ketika belajar diluar sekolah. Pada proses pembelajaran matematika, materi yang disampaikan harus jelas dan mudah difahami mengingat matematika adalah ilmu abstrak. Disamping itu proses belajar matematika harus tetap menyenangkan dan membuat kesan pertama yang baik bagi siswa, serta memberikan pemahaman materi yang jelas dengan menggunakan pendekatan mengajar matematika yaitu Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini berfokus pada desain aplikasi belajar dengan menggunakan metode User Centered Design. Konsep dari metode ini ialah desain antarmuka yang dibuat berfokus pada tujuan kegunaan, karakteristik pengguna, lingkungan, dan alur kerja di dalam desain. Hasil akhir dari penelitian ini berupa desain antarmuka aplikasi belajar matematika untuk siswa sekolah dasar tingkat kelas 1 yang akan dilakukannya pengujian Usability Testing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-27