Visualisasi Data Curah Hujan Daerah Aliran Sungai Citarum Hulu Sebagai Indikator Ketersediaan Air Di Bandung Raya Dengan Menggunakan Metode The Seven Stages Of Visualizing Data

  • Riksa Galih Purnama
  • Anggoro Ari Nurcahyo

Abstract

Teknologi informasi dapat membantu dalam mengolah data sehingga dihasilkannya informasi yang bermanfaat masyarakat dan instansi yang memanfaatkan sumber daya air sebagai sarana dalam perencanaan maupun pengambilan keputusan. Pengolahan data yang tepat dapat menghasilkan output yang baik dan akan memudahkan semua pihak dalam menerima hasil dari pengolahan data, salah satu output tersebut yaitu Visualisasi Data. Visualisasi data merupakan salah satu media output dari pengolahan data yang memiliki tujuan untuk merepresentasikan informasi hasil pengolahan data sehingga dapat memudahkan pihak dalam mengetahui makna dari informasi hasil pengolahan data tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak yang memanfaatkan sumber daya air terutama masyarakat dalam usaha mengefisienkan pemanfaatan sumber daya air dan menyediakan media informatif untuk mengetahui ketersediaan air bagi masyarakat khususnya, juga dapat digunakan oleh instansi yang memanfaatkan sumber daya air serta diketahuinya visualisasi data curah hujan dan tren curah hujan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Hulu. Penelitian dilakukan dengan melakukan identifikasi masalah terhadap peristiwa yang terjadi agar diketahui solusi sementara untuk mengatasi masalah tersebut, pengumpulan data dengan melakukan wawancara, studi literatur dan dokumen yang berkaitan dengan visualisasi data curah hujan, pengolahan data yang dilakukan berdasarkan pengumpulan data yang telah dilakukan dan visualisasi data berdasarkan metode The Seven Stages of Visualizing Data. Salah satu dokumen yang penting digunakan pada visualisasi data ini yaitu Data Curah Hujan Harian di setiap pos hujan DAS Citarum Hulu beserta sebaran pos hujan dan batas Sub DAS yang didapatkan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (PUSAIR). Hasil akhir dari penelitian ini adalah visualisasi data curah hujan serta tren curah hujan di DAS Citarum Hulu dan juga contoh penerapan untuk usaha dalam pemanfaatan sumber daya air.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 15, 2022
How to Cite
PURNAMA, Riksa Galih; NURCAHYO, Anggoro Ari. Visualisasi Data Curah Hujan Daerah Aliran Sungai Citarum Hulu Sebagai Indikator Ketersediaan Air Di Bandung Raya Dengan Menggunakan Metode The Seven Stages Of Visualizing Data. PasInformatik, [S.l.], v. 1, n. 02, july 2022. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/5893>. Date accessed: 18 aug. 2022.