Pemanfaatan Blended Learning Model Dalam Kuliah Perancangan Sistem Di Program Studi Teknik Informatika

  • Caca E Supriana

Abstract

Blended Learning adalah pendekatan yang memberikan solusi pendidikan inovatif melalui perpaduan efektif antara pengajaran tatap muka di kelas dengan pembelajaran seluler dan aktivitas online untuk guru, pelatih, dan siswa. Konsep ini berakar pada gagasan bahwa belajar bukan hanya peristiwa satu kali, belajar adalah proses yang berkelanjutan. Pemanfaatan blended learning dengan dukungan media digital dan online melalui internet menjadi sangat penting khususnya untuk para mahasiswa belajar di rumah selama masa pandemik Covid-19. Penelitian ini akan menganalisis blended learning model yang cocok digunakan dalam kuliah perancangan sistem, sebagai bagian dari siklus hidup pengembangan sistem yang diajarkan di Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan. Bagaimana blended learning dapat diaplikasikan dalam kuliah e-learning yang mengacu pada kurikulum tetapi dengan mengantisipasi kemungkinan pembelajaran tatap muka jika kondisi setelah pandemik memungkinkan. Analisis akan melihat pada bahan ajar perancangan sistem, dengan studi kasus kuliah interaksi manusia komputer, bagian yang bisa didukung oleh media digital, tatap muka dan kombinasi keduanya. Evaluasi dilaksanakan terhadap model yang digunakan untuk memastikan kemudahan transfer pengetahuan dari dosen terhadap mahasiswa, kemudahan dalam pengajaran dan pemenuhan target kurikulum dari perancangan sistem. Manfaat dari penelitian ini adalah penggunaan model blended learning yang tepat, evaluasi dengan studi kasus untuk mendukung pelaksanaan kuliah dan memenuhi tujuan pembelajaran sepanjang hayat baik untuk mahasiswa ataupun dosen pengajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 23, 2022
How to Cite
SUPRIANA, Caca E. Pemanfaatan Blended Learning Model Dalam Kuliah Perancangan Sistem Di Program Studi Teknik Informatika. PasInformatik, [S.l.], v. 1, n. 01, jan. 2022. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/5118>. Date accessed: 25 june 2022.