Perancangan Game Edukasi untuk Orientasi Mahasiswa Baru Berbasis Massively Multiplayer Online

  • Rifqi Nauval Taufiqurrohman
  • Handoko Supeno
  • Fajar Darmawan

Abstract

Pandemi COVID-19 memengaruhi kegiatan pendidikan tinggi yang mengakibatkan salah satu aspek penting yaitu masa orientasi harus dilaksanakan melalui daring. Hal tersebut menimbulkan permasalahan dari sisi mahasiswa baru yang berdasarkan kuesioner terdapat beberapa masalah seperti koneksi internet yang tidak bagus, suara bising dari luar dan kemampuan menangkap materi melalui video conference yang berbeda – beda. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka ditawarkan sebuah solusi untuk menunjang pembelajaran pada saat masa orientasi yaitu melalui game yang berbasis massively multiplayer online. Game sebagai media hiburan memiliki potensi untuk menyampaikan materi – materi pada masa orientasi dengan cara yang menyenangkan dan bisa dimainkan secara fleksibel di mana saja dan kapan saja. Game yang ditawarkan memiliki konsep MMORPG yang memungkinkan pemain melakukan misi terkait pembelajaran, bekerja sama di dalam game dan menguji pemahaman materi melalui battle. Metodologi yang digunakan yaitu digital game-based learning yang menerapkan pembelajaran terpusat melalui game untuk tujuan pembelajaran. Hasilnya menurut kuesioner pengujian yang sudah diisi oleh responden mahasiswa dan dosen, aspek pembelajaran dan game design yang diimplementasikan ke dalam game sudah dianggap bagus dan berpotensi untuk bisa menjadi media penunjang masa orientasi bagi mahasiswa baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 23, 2022
How to Cite
TAUFIQURROHMAN, Rifqi Nauval; SUPENO, Handoko; DARMAWAN, Fajar. Perancangan Game Edukasi untuk Orientasi Mahasiswa Baru Berbasis Massively Multiplayer Online. PasInformatik, [S.l.], v. 1, n. 01, jan. 2022. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik/article/view/5107>. Date accessed: 25 june 2022.