Analisis dan Simulasi Komputasi Kecerdasan Non-Player Character Boss-Berial

Dalam Game Devil May Cry 4

Authors

  • Azhar Fiqri Dwiyana
  • Ririn Dwi Agustin

DOI:

https://doi.org/10.23969/pasinformatik.v3i2.18289

Keywords:

Game aksi, kecerdasan buatan, Karakter NPC

Abstract

Kecerdasan NPC sangat penting dalam meningkatkan kualitas pengalaman bermain dengan respons yang baik terhadap tindakan pemain dan tantangan yang sesuai.Devil May Cry 4 merupakan game yang dikembangkan oleh Capcom, dan menjadi salah satu game yang populer dalam genre action. Berial adalah salah satu NPC cerdas dalam Devil May Cry 4, yang berperan sebaga boss iblis raksasa berbentuk naga yang dilengkapi dengan cakar dan tanduk besar dan memiliki penampilan yang mengesankan mencerminkan kekuatannya sebagai salah satu bos dalam permainan. Berial memiliki tugas untuk bertahan dan membunuh lawan dalam kondisi jarak pendek maupun jarak jauh, dengan cara beraksi yang adaptif dengan kondisi kekuatan pemain maupun kondisi kekuatannya sendiri. Penelitian ini fokus pada analisis perilaku kecerdasan NPC Boss Berial menggunakan model komputasi Finite State Machine (FSM) dan mengkonstruksinya ke dalam sebuah modul perangkat lunak yang dideskripsikan menggunakan UML. Penelitian Perilaku Berial direpresentasikan memiliki delapan state dan tujuh kejadian yang menjadi pemicu perubahan state. State tersebut yakni idle, walking, serangan pedang api, serangan cakar api, AOE attack, bertahan dengan pedang api, counter attack, dan mati. Sedangkan ragam kejadian yang menjadi perhatian Berial adalah tidak ada pemain, pemain memasuki area pantau, pemain menyerang, pemain terkena serangan, pemain mendekat, pemain menjauh, pertahanan berial melemah. Dikarenakan sebuah event bisa muncul di lebih dari satu state yang berbeda maka karena digunakan struktur data untuk tahap konstruksi perangkat lunak adalah incidency matriks, maka dilakukan normalisasi dengan cara membuat sebanyak N nama yang berbeda untuk event yang muncul di sebanyak N state. Hasil simulasi berapa perangkat lunak web yang dibangun dengan laravel dan DBMS mysql untuk menyimpan instansiasi dari class. Aplikasi simulasi kecerdasarn NPC memiliki fitur tampilan awal, tampilkan current state, dan pilih kejadian. Semua state beserta ragam pilihan yang disajikan telah diuji coba dan menunjukkan perubahan ke next state yang sesuai dengan incidency matrix dari FSM.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-29