Pembangunan Prototype Game Test Hafalan Quran menggunakan Design Thinking
Studi kasus : SDIT Al Muta’allim
DOI:
https://doi.org/10.23969/pasinformatik.v3i2.18285Keywords:
Design Thinking, game, Hafalan quran, Pembangunan PrototipeAbstract
SDIT Al Muta'allim merupakan sebuah institusi pendidikan tingkat dasar yang belum mengadopsi teknologi dalam sistem pembelajarannya, sehingga menyebabkan siswa merasa bahwa proses test menjadi monoton. Sedangkan siswa saat ini (2023) sangat dekat dengan dunia digital. Penelitian yang dilakukan yaitu membangun sebuah prototype game test hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode design thinking yang akan diimplementasikan di SDIT AlMuta’allim. Metode design thinking digunakan sebagai pendekatan kreatif dan inovatif untuk memahami kebutuhan siswa, menemukan solusi yang efektif, dan menghasilkan pengalaman test yang dapat memotivasi. Tahapan penelitian dilakukan dengan lima tahapan yaitu empathise, define, ideate, prototype, test. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan prototype game test hafalan Al-Qur’an yang dibuat dalam bentuk high fidelity prototype, yang dapat membuat siswa-siswa lebih menikmati dan menyenangi dalam melakukan proses pembelajaran dan pengujian test hafalan Al-Qur’an .Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-08-29
Issue
Section
Articles