Rancang Ulang Aplikasi Marketplace Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design (UCD)

Studi Kasus : Pasar Ujung Berung Bandung

Authors

  • Nadia Rutbah Hardimura
  • Leony Lidya
  • Fajar Darmawan

Keywords:

Aplikasi Mobile, MarketPlace, Pasar Tradisional, Rancang Ulang, User Centered Design

Abstract

Pasar Ujung berung merupakan salah satu pasar tradisional yang terdapat di kota Bandung. Dimana dengan era dijital yang merupakan dampak dari pandemi Covid-19, para pedagang harus bersaing dengan para penjual yang menjajaki barang dagangannya melalui media internet. Marketplace merupakan salah satu opsi yang bisa ditawarkan, hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan pada rancangan versi sebelumnya. Rancang ulang marketplace pasar tradisional ini dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada versi sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi User Centered Design (UCD), dimana dalam pelaksanaannya dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu diawali dengan identifikasi masalah, pengumpulan data dengan melakukan pengukuran usability pada rancangan sebelumnya dan disertai dengan wawancara terhadap pihak-pihak terlibat, lalu tahap analisis kebutuhan, perancangan antarmuka yang terbaru, disertai dengan tahapan pengujian menggunakan usability testing. Penelitian ini menghasilkan rancangan tampilan baru dari aplikasi marketplace pasar berbasis mobile, yang akan lebih sesuai dengan karakteristik pengguna karena menggunakan pendekatan UCD.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-27