PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN

(Studi pada industri kecil menengah konveksi di Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan)

Authors

  • Fauzan Bisri Stkip PGRI Bangkalan
  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Yusrianto Sholeh STKIP PGRI BANGKALAN

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v8i1.8809

Keywords:

Inovasi Produk, Orientasi pasar dan Orientasi Kewirausahaan

Abstract

Small and medium industries are the first step that can be expected by the government as one of the alternative ways to be able to help the community's economy. The existence of small and medium industries can help the community's economy because it is able to support the economy to meet daily needs. This study aims to determine the influence of product innovation variables, market orientation and entrepreneurial orientation on the marketing performance of small and medium industries convection in Tanah Merah District, Bangkalan Regency. This research is included in quantitative research. The sample in this study amounted to 30 respondents of small and medium industry businesses convection. The data collection process is carried out using questionnaires. In this study, researchers used multiple analysis techniques that were processed using the help of SPSS 25 software. The results of this study show that product innovation and market orientation partially have a significant influence on marketing performance, entrepreneurial orientation partially has no influence on marketing performance and the three variables of product innovation, market orientation and entrepreneurial orientation have a significant as big 33,4% influence on marketing performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Kualitas Produk, Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Ukm Di Kota Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Arief, M., & Rosiawan, R. W. (2018). Kinerja Pemasaran Berdasarkan Orientasi Pasar Melalui Inovasi Produk Pada UMKM Manufaktur di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 14(3), 129-141.

Asnawati, S. E. (2022). Analisis Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Cv Literasi Nusantara Abadi.

Betaubun, S. (2023). Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Hady Bakery Di Merauke. Economics and Digital Business Review, 4(1), 1-9.

Dahmiri, rista aldilla Syafri, dan Idham Khalik. 2023. Tata kelola manajemen bisnis industri kecil menengah. Cetakan pertama. ed. Nia Duniawati. Indramayu Jawa Barat: Penerbit Adab.

Darmanto, dan Sri Wardaya. 2016. Manajemen Pemasaran : untuk mahasiswa, usaha mikro, kecil dan menengah. Edisi Pertama. Yogyakarta: Deepublish.

Devara, K. S., & Sulistyawati, E. (2019). Peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6367-6387.

Elondri dkk. 2022. Kinerja pemasaran industri kecil kecil menengah. Cetakan pertama. ed. Wiwit Kurniawan. Banyumas, Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.

Farliana, N., Murniawaty, I., & Munafitri, C. H. (2021). Membangun Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kapabilitas Pemasaran. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(2), 257-275.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran produk dan merek (planning & Strategy). Cetakan pertama. ed. Qiara Media. CV. Penerbit Qiara Media.

Garaika, dan Darmanah. 2019. Metodologi penelitian. Lampung Selatan: CV. Hita Tech.

Ibrahim, Andi dkk. 2018. Metedologi penelitian. Cetakan 1. Gunadarma Ilmu.

Kimbal, rahel widiawati. 2015. modal sosial dan ekonomi industri kecil sebuah studi kualitatif. yogyakarta: grup penerbitan CV. Budi Utama.

Lestari, endah rahayu. 2019. Manajemen Inovasi : Upaya meraih keunggulan kompetitif. Cetakan Pertama. Malang: UB Press.

Mukson, Hamidah, dan Anton Satria Prabuwono. 2020. Lingkungan kerja dan orientasi kewirausahaan : Kinerja Umkm Melalui Komitmen Organisasi. ed. Andriyanto. Klaten, Jateng: Penerbit Lakeisha.

Musfar, Tengku Firli. 2021. Manajemen produk dan merek. ed. Rintho R Rerung. Bandung: Media Sains Indonesia.

Purwanto, Antonios. 2021. sosiologi industri dan pekerjaan. 1 ed. al right reserverd.

Rahardjo, Susilo, dan Gudnanto. 2017. Pemahaman individu teknik nontes. Cetakan 3. Prenada Media.

Subagja, I. K. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Celana Merek Jeans Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(1).

Subagja, Iwan Kurniawan. 2021. “Pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing celana merek jeans di Jakarta.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 9(1).

Sudarmanto, Eko, Sukarman Purba, dan Sunday Ade Sitorus. 2022. Manajemen kreativitas & inovasi. ed. Matias Juiyus Fika Sirait. Yayasan Kita Menulis.

Wisnujati, Nugrahini Susantinah dkk. 2022. Dasar ilmu ekonomi. Cetakan 1. ed. Ronal Watrianthos. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2024-02-02