KARAKTER KEWIRAUSAHAAN MEMEDIASI PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA

(Survey Pada Siswa Jurusan Bisnis dan Pemasaran SMK Negeri di Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2021/2022)

Authors

  • Nukeu Siti Faradina Arofah Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v7i1.6043

Keywords:

Karakter Kewirausahaan, Pembelajaran Kewirausahaan, Intensi Kewirausahaan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya intensi berwirausaha siswa di SMK Negeri Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap intensi kewirausahaan dan variabel karakter kewirausahaan sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian survey eksplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan bisnis dan pemasaran sebanyak 325 siswa sedangkan sampel sebanyak 180 siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda dengan analisis Sobel Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum i) intensi kewirausahaan, berada pada kategori rendah, karakter kewirausahaan, berada pada kategori sedang sedangkan pembelajaran kewirausahaan berada pada kategori tinggi. ii) Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan. iii) Karakter kewirausahaan memediasi antara pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI jurusan Bisnis dan Pemasaran di Kabupaten Sumedang mempunyai intensi berwirausaha yang belum baik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David a., V. Kumar. 2000. Marketing Research 7th Ed, New York : John Willey & Sons.

Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality and Behavior, (2nd edition), Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education.

Audretsch, D. B., & Keilbach, M. 2011. 16 Knowledge spillover entrepreneurship, innovation and economic growth. Handbook of research on innovation and entrepreneurship, 245.

Bygrave, and William, D. (1994). The Portable MBA in Entrepreneurship. New York: John Willey & Sons, Inc

Chen, H. S., Chen, X. Y., & Lin, C. (2017). Entrepreneurial Learning and Entrepreneurial Intention: The Roles of Social Network and Entrepreneurial Self-efficacy. Review of Economy and Management, 5, hlm. 28-33.

Doğan, E. (2015). The effect of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions of university students in Turkey. Ekonometri ve İstatistik e- Dergisi, (23), hlm. 79-93.

Drucker, Peter F. Inovasi dan Kewiraswastaan: Praktek & Dasar-Dasar, Jakarta:Erlangga, 1986

Griffin, Ricky W., and Ronald L. Elbert. (2006). Business, eight edition, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, Prentice Hall, New Jersey, United States of America.

Isniar Budiarti. 2015. The Development Of Dimensions Of Organizational Culture. COMSA 2015. Jakarta.

J.B. Kristiadi, Grand Theory, LAN, Jakarta, 2014

Krueger, N. (1993). Entrepreneurial intentions are dead: long live entrepreneurial intentions. In A. L. Carsrud & M. Brännback (Eds.), Understanding the Entrepreneurial Mind (pp. 51–72). New York: Springer.

Kuckertz, A & Wagner, M. 2018. The Influence of Sustainability Orientation on Entrepreneurial Intentions Investigating the role of business experience. Journal of Business Venturing. Vol. 25, pp: 524–539.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning Theory: A Dynamic, Holistic Approach to Management Learning, Education and Development. In The SAGE Handbook of Management Learning, Education and Development (pp. 42–68). Sage.

Landstrom, H., Frank, H. and Veciana, J.M. (2018), Entrepreneurship and Small Business Research in Europe, Avebury Press, Aldershot.

Nabi, G., Walmsley, A., Liñán, F., Akhtar, I., & Neame, C. (2018). Does Entrepreneurship Education in The First Year of Higher Education Develop Entrepreneurial Intentions? The Role of Learning and Inspiration. Studies in Higher Education, 43(3), hlm. 452–467.

Oktaviana, V. D., Umami, N., & Program, E. E. (2018). Pengaruh efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha pada siswa kelas xi smk negeri 1 pogalan tahun ajaran 2017/2018, 11(2), hlm. 80–88.

Paiva, et al. (2019). Impact’s Perception of Entrepreneurship Competences Acquisition in Polytechnic High Education Students. A volume in the Advances in Business Strategy and Competitive Advantage (ABSCA) Book Series. United States of America by IGI Global, hlm. 179-201.

Rae, D. (2005). Entrepreneurial Learning: A Narrative-based Conceptual Model. Journal of Small Business and Enterprise Development, 12(3), hlm. 323– 335.

Reynolds, P.D 2000. Global entrepreneurship monitor: executive report. A research Report from Babson College, Kauffman Center for Entrepreneurial Leadership, and London Business School.

Rokhayati, I. (2015). Pengukuran Kinerja pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM): Suatu Telaah Pustaka. Monex, 4(2), 94-100.http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/article/view/273/2 67.

Wan, C. Y. (2019). From entrepreneurial learning to entrepreneurial intention-- mediation and moderation: evidence from university students in Hong Kong.

Zimmerer, Thomas W Dkk. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-01-06