PENGARUH VARIASI PRODUK DAN DISPLAY LAYOUT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI TOKO SRC JUMASRI

Authors

  • Angga Regindratama Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.6013

Keywords:

Kata Kunci: Variasi Produk, Display Layout, keputusan pembelian, Word of Mouth

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh variasi produk dan display layout terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth sebagai variabel mediasi di Toko SRC Jumasri di Merangin, Jambi. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif, termasuk penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dengan variabel lain dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis. Populasi adalah konsumen Toko SRC Jumasri. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability, karena peneliti tidak mendapatkan secara rinci identitas responden yang akan digunakan dalam pembuatan kerangka sampel. Dalam metode non probability ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, kuesioner disebarkan ke konsumen atau responden yang pernah datang dan berbelanja di Toko SRC Jumasri. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) variasi produk memiliki pengaruh yang tidak signifikan dan negatif terhadap variabel keputusan pembelian. Terbukti dari hasil regresi dengan nilai t hitung < dari t tabel yaitu -0,127 < 1,98498 serta nilai signifikansi yaitu 0,899 > 0,05. (2) variabel display layout memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Terbukti dari hasil regresi dengan nilai t hitung < dari t tabel yaitu 0,262 < 1,98498 serta nilai signifikansi yaitu 0,794 > 0,05. (3) word of mouth memiliki pengaruh yang tidak signifikan dan negatif terhadap variabel keputusan pembelian. Terbukti dari hasil regresi dengan nilai t hitung < dari t tabel yaitu -0,196 < 1,98498 serta nilai signifikansi yaitu 0,397 > 0,05. (4) variasi produk memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel word of mouth. Terbukti dari hasil regresi dengan nilai t hitung > dari t tabel yaitu 3,414 < 1,98498 serta nilai signifikansi yaitu 0,001 < 0,05. (5) display layout memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel word of mouth. Terbukti dari hasil regresi dengan nilai t hitung > dari t tabel yaitu 15,969 < 1,98498 serta nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. (6) Hasil olah data menggunakan uji sobel untuk pengaruh variabel variasi produk terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth diperoleh nilai z sebesar -51,22, karena nilai z yang diperoleh sebesar -51,22 < 1.96 dengan tingkat signifikansi 5% maka membuktikan bahwa Word of Mouth tidak memperkuat pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian. (7)  Hasil olah data menggunakan uji sobel untuk pengaruh variabel variasi produk terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth diperoleh nilai z sebesar   , karena nilai z yang diperoleh sebesar > 1.96 dengan tingkat signifikansi 5% maka membuktikan bahwa Word of Mouth memperkuat pengaruh display layout terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, I. N. (2018). BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI WORD OF MOUTH (STUDI PADA KONSUMEN ITS MILK DI KOTA SEMARANG).

Alisa Karim Sekar Ayu Sejati, Supawi Pawenang, R. D. (2021). THE EFFECT OF PRODUCT VARIATION, SERVICE QUALITY AND FACILITIES ON CONSUMER PURCHASING DECISIONS OF MIE AYAM HOTPLATE IN SURAKARTA. 2021(4), 688–695.

Arohman, A., Welsa, H., & Fadhilah, M. (2022). The Analysis of Creative Tourism and Location on Tourist Satisfaction through WOM as an Intervening Variable in the Region Becici Peak Pine Forest Tour, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal):Humanities, 5(1), 1697–1712.

Astana dan Katrina. (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk, Lokasi Pelayanan Dan Tata Letak Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Jaya Raya Cabang Pemaron Singaraja. Artha Satya Dharma, 14(1), 89–95.

Astari, I. Y. (2019). Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Jurnal Ekuivalensi, 5(1), 84–97.

Awaliyah, F., & Wibowo, T. S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere , Lokasi & Word of Mouth. Journal of Sustainability Business Research Vol 2 No 1 Maret 2021, 2(1), 617.

Cahya, A. D., Annisa, I. N., Setiawan, F. B., & Dharmanisa, A. L. (2021). Analisis Pengaruh Service Quality dan Word of Mouth ( WOM ) Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus UKM Bakpia Boomber Mas Raga Gunung Kidul ). Jurnal Daya Saing, 7(2), 168–173. https://ejournal.kompetif.com/index.php/dayasaing/article/view/677/507

Daulay, N. (2020). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee (studi pada masyarakat kecamatan medan labuhan). Skripsi Universitas Sumatera Utara, 28–30.

Dr. Enny Radjab, M. AB & Dr Andi Jam’an, SE., M. S. (2017). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS.

Faradisa, I., Budi, L., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis pengaruh variasi produk, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen pada Indonesian coffee shop Semarang (ICOS CAFE). Journal of Management, 2(2), 1–13.

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, DISPLAY LAYOUT, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Journal Ekombis Review, 8(2), 149–159. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2

Firdiansyah, D., & Prawoto, E. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Dan Variasi Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi Pada Toserba Danareal Wonosobo Jawa Tengah). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 314–320.

Fitrianda, M. I. (2013). THE EFFECT OF PRICE, CAFE ATMOSPHERE, AND PRODUCT VARIATION ON CONSUMER SATISFACTION IN WARUNK UPNORMAL. Skripsi.

Fuadi, N., Khairawati, S., & Sasono, H. (2019). Pengaruh Store Layout , Kualitas Pelayanan dan Motivasi Rasional terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. AT-TAUZI: Jurnal Ekonomi Islam, 19(2), 85–97.

Haro, A., Oktaviana, D., Trimulia Dewi, A., Anisa, W., & Suangkupon, A. (2020). The Influence of Brand Image and Service Quality towards Purchase Intention and Its Impact on the Purchase Decision of Samsung Smartphone. KnE Social Sciences, 2020, 329–336. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6609

Hasanah, S. M. (2018). PENGARUH PELAYANAN, TATA LETAK DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMARET DI JALAN PAKISAN BONDOWOSO. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, April.

Hautz, K. H. and J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: the case of MINI on Facebook.

Hidayat, G., Rachma, N., & Asiyah, S. (2018). Pengaruh Lokasi, Harga, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Tata Letak Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Depo Bangunan Malang). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee, 121.

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). ANALISIS PENGARUH VARIASI PRODUK DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI ULANG PADA KOSMETIK WARDAH (STUDI PADA KONSUMEN KOSMETIK WARDAH DI KOTA BATAM). In Journal of Business Administration (Vol. 3, Issue 1).

Hossain, M. M., Kabir, S., & Rezvi, R. I. (2017). Influence of Word of Mouth on Consumer Buying Decision : Evidence from Bangladesh Market. European Journal of Business and Management, 9(12), 38–45.

Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Füller, J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: The case of MINI on Facebook. Journal of Product and Brand Management, 22(5), 342–351. https://doi.org/10.1108/JPBM-05-2013-0299

Irlatifah, H. A. (2019). ANALISIS PENGARUH STORE LAYOUT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BELI KONSUMEN “STUDI KASUS : KONSUMEN PAMELA 6 YOGYAKARTA.” Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Istiqomah, L. (2019). Pengaruh Citra Merek, Suasana Toko, Variasi Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Resto X. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence and Planning, 30(4), 460–476. https://doi.org/10.1108/02634501211231946

Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325

Mustakim, S. A. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness Dan Region Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Lesehan Bebek Goreng Asli Gunung Kidul. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 5(1), 20–29. https://doi.org/10.21070/jbmp.v5i1.1893

Napu, rini andari dan della maghfira. (2016). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET MASKAPAI PENERBANGAN DOMESTIK DI DAVINA TOUR AND TRAVEL GORONTALO. Bulletin of the Seismological Society of America, 106(1), 6465–6489.

Nurrahman, I., Dian, R., & Utama, H. (2016). PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada pembeli smartphone Nokia series X di BEC Bandung). In Journal of Business Management and Entrepreneurship Education | (Vol. 1, Issue 1).

Orlando, D. (2015). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Sepeda Motor “ Kawasaki Ninja 250Fi “ Program Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol.3(Issue.1), 1–9.

Prastiwi, M. F. D. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, in-Store Display, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.

Pratama, ferina nadya. (2020). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Cafe Kolong Jember. Skripsi.

Purwantoro, P. (2019). Pengaruh Pemilihan Tata Letak Produk, Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Grace Mart Bangun Jaya. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30606/hirarki.v1i2.189

Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2018). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Kangzen Kenko Indonesia Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3). https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18675

Rumambi, N. H. T. dan F. J. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN TATA LETAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT . RAMAYANA LESTARI SENTOSA , TBK RAMAYANA TANJUNG PRIOK , JAKARTA Abstrak. 3(2), 41–51.

Rustadia. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA WISMA AN NUR KOTA BARU INHIL PROVINSI RIAU. 2507(February), 1–9.

Seftiani, R. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Brand Preference dan Implikasinya Terhadap Minat Loyalitas (Studi pada konsumen The Body Shop di kota Semarang). Universitas Ekonomika Dan Bisnis.

Setyawan, S., S, S. N., & Prativi, A. (2021). The Effect of Promo Price and Product Variation on Purchasing Decision at Grabfood, OVO Payment as an Intervening Variables. 2021. https://doi.org/10.11594/nstp.2021.1026

Suharto. (2016). Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial Dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. Derivatif, 10(1), 26–44.

Ulfami, P., & Saino. (2020). Pengaruh desain produk, keragaman produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada online shop giyomi melalui shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 08(01), 702–708.

Utomo, S., Humaidi, & Ariani, S. (2021). Effect of Location and Word of Mouth (WOM) Against Purchasing Decision in the Culinary Tourism Area (KWK) Mandiri City of Banjarmasin. Proceedings of the 3rd Annual International Conference on Public and Business Administration (AICoBPA 2020), 191(AICoBPA 2020), 133–141. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210928.027

Wadi, M. H., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 172. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.223

Wursan, W., Rinandiyana, L. R., & Badriatin, T. (2021). Social media promotion effect on product purchase decisions through word of mouth marketing. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 821–831. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns1.1466

Yati Ambarwati, N. Rachma, & Rahman, F. (2021). PENGARUH PEMILIHAN TATA LETAK PRODUK, HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ROYAL ATK (Studi Kasus Mahasiswa FEB Angkatan 2016 Universitas Islam Malang). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Published

2023-07-12