KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM BERBASIS SAK EMKM : SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Putri Mila Sari Universitas Pembangunan Nasiona "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v7i1.5917

Keywords:

self efficacy, persepsi pelaku usaha, pengetahuan akuntansi, pengalaman pemilik usaha, dan SAK EMKM.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari persepsi pelaku usaha, pengetahuan akuntansi, dan pengalaman pemilik usaha terhadap kualiatas laporan keuangan UMKM yang berbasais SAK EMKM yang dimoderasi oleh self efficacy di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan melalui google form. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep. Convinience sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan didukung dengan persepsi dan pengalaman pemilik UMKM di Kabupaten Sumenep. Namun, faktor pengetahuan akuntansi belum mampu mendukung tercapainya kualitas laporan keuangan. Selain itu, faktor self efficacy belum mampu memperkuat tercapainya peningkatan kualitas laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’adi, & Chalimi, A. N. F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Pengalaman Pemilik Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 42–50.

Badria, N., & Diana, N. (2018). persepsi pelaku UMKM dan sosialisasi SAK EMKM terhadap diberlakukannya laporan keuangan yang berbasis SAK EMKM. 55–66.

Baihaqi, W. T. (2017). Pengaruh Persepsi Pemilik Atas Tujuan Laporan Keuangan Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Empiris Pada Umkm Di Kabupaten Banjarnegara).

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The exercise of control. Freeman.

Fadilah, N. (2019). Pengaruh kualitas sumber daya manusia dan karakteristik usaha terhadap kualitas laporan keuangan ukm kabupaten lumajang. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 263–271.

Febriyanti, G. A., & Wardhani, A. S. (2018). Pengaruh Persepsi, Tingkat Pendidikan, dan Sosialisasi Terhadap Penerapan SAK EMKM Pada UMKM Wilayah Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah ESAI, 12(2), 112–127. https://doi.org/10.25181/esai.v12i2.1100

Ghozali, I. H. L. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip.

Downloads

Published

2023-01-06