PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK LOKAL MADURA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Faisal Basri STKIP PGRI Bangkalan
  • Manah Tarman STKIP PGRI BANGKALAN
  • Subandy Widjaya STKIP PGRI BANGKALAN

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v7i1.5729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas dan harga produk lokal madura terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee kota bangkalan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dimana penelitian ini dilakukan di Kota Bangkalan, Waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih satu bulan yaitu dari bulan Desember 2021 – Januari 2022. Populasi penelitian ini adalah konsumen Otentik Madura online. store di Desa Binoh, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan sebanyak 110 pengguna marketplace Shopee. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah pengguna Shopee sebanyak 50 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian produk lokal Madura, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan harga produk lokal Madura. Dan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kualitas produk terasi dan kerupuk ikan gendar lokal Madura terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee (2) terdapat pengaruh positif terhadap harga gendar lokal Madura produk ikan dan kerupuk terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee (3) Terdapat pengaruh secara simultan kualitas dan harga produk terasi dan kerupuk ikan gendar lokal Madura terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Kata Kunci : Kualitas, Harga, dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Nurlaela, Resa. Wardani, Ananda, Fiska., (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett di E-Commerce Shopee. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Darma Persada.

Alfian, I., & Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Merk dan Harga terhadap Keputusan di Kota Medan. At-Tawassuth: Jurnal. Ekonomi Islam, 2(01), 122–145.

Arikunto, Suharsimi. (2014) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Devi, Intan, Kurnia, Lenggang., (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembeian pada Marketplace Shopee. Skripsi S1. Universitas Islan Negeri Sunan Ampel. Surabaya.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. ( 2014) . Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. ( 2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga,

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019) . Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162.

Muchilisin, Mayani, Kurnianty., (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis UMSU). Skripsi S1. Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. Medan.

Nadia, Farisa, Hasna. Wahyuningsih, Susanti., (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal. Universitas Muhamadiyah Semarang.

Rahman, A. (2010) . Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business Cara Jitu Merontokan Pesaing (Cetakan Pertama). Trans Media.

Sugiyono. ( 2012) . Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Widyanita, Fika, Ayu., (2018). Pengaruh Analisis Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee. Skripsi S1. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-01-06