EFEKTIVITAS MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MAN 1 LAMONGAN

Authors

  • Sakinata Maulidina Minarta Universitas Negeri Surabaya
  • Heni Purwa Pamungkas

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628

Abstract

This study aims to analyse the effect of Wordwall learning media in increase economics learning outcomes for students in class XI IPS 1 MAN 1 Lamongan. The subjects of this study were 24 students of class XI IPS 1 MAN 1 Lamongan. This research was an experimental study with one-group pre-test post-test design.The analytical technique used reliability test, normality test, homogenity test, N-Gain test, and also Wilcoxon test. Based on the results of the Wilcoxon test analysis on the pre-test and post-test data of the experimental group showed a sig (2-tailed) value of 0.001 < 0, 05, which means that there is a significant difference between before and after treatment. It can be concluded that Wordwall learning media (X) has a significant effect on student learning outcomes of XI IPS 1MAN 1 Lamongan (Y). Keywords: innovative learning media, Wordwall application, learning outcomes.   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan juga uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon pada data pre-test dan post-test kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Wordwall (X) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan (Y). Kata kunci: media pembelajaran inovatif, aplikasi Wordwall, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-30