PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN STRATEGI 5M MERDEKA BELAJAR PENUNJANG BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI

  • Khikmatul Aini Author
  • Riza Yonisa Kurniawan Author

Abstract

Pendidikan yang berkualitas menjadi tonggak awal dalam menciptakan sumber daya manusia yang bermutu. Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar oleh Kemdikbudristek merupakan salah satu langkah untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Sejalan dengan hal tersebut, Strategi 5M hadir untuk mendukung proses belajar yang merdeka, khususnya pada pembelajaran dengan model Blended Learning. Bahan ajar memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran dan harus terus dikembangkan serta disesuaikan dengan kondisi pembelajaran saat ini. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian pengembangan E-Modul dengan strategi 5M merdeka belajar penunjang Blended Learning. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model 4-D Thiagarajan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan produk, mengetahui tingkat kelayakan pada E-Modul dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap E-Modul. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik dari kelas XI IPS MAN 2 Gresik. Instrumen pengambilan data terdiri dari lembar telaah dan lembar validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis, serta lembar respon subjek uji coba yaitu peserta didik. Berdasarkan perolehan nilai valiadasi ahli dengan kategori sangat layak, atau masing-masing sebesar 94% untuk materi,  91% untuk grafik dan 74% untuk bahasa, menunjukkan produk E-Modul layak untuk digunakan sebagai bahan ajar serta untuk meningkatkan minat belajar peserta didik secara aktif dan memudahkan proses belajar mandiri karena mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik yaitu 96%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
AINI, Khikmatul; KURNIAWAN, Riza Yonisa. PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN STRATEGI 5M MERDEKA BELAJAR PENUNJANG BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI. Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 145-158, june 2022. ISSN 2549-2284. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/5480>. Date accessed: 18 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5480.