MEMFASILITASI PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK MELALUI PRAKTIK LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS1 DI SMAN 10 TERNATE

Authors

  • Rusmini Noh FKIP Universitas Khairun, Ternate Maluku Utara
  • Endang Purwati universitas khairun
  • Nurmaya Papuangan FKIP Universitas Khairun, Ternate Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v6i1.4995

Keywords:

Lesson study

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan melihat best-practices implementasi lesson study dalam memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada peserta pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Metode: Studi deskriptif kualitatif ini dilakukan di SMAN 10 Ternate selama bulan Agustus-November 2021 dengan melibatkan subyek sebanyak 36 siswa kelas X IPS1. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi, rekaman proses pembelajaran, dan catatan harian peneliti yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Temuan: hasil penelitian menunjukkan bahwa lesson study mampu memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui setiap implementasi pada tahapan designing, action, and reflection. Kesimpulan: Lesson study sebagai model peningkatan kompetensi guru melalui pengkajian praktik pembelajaran memberi kontribusi positif bagi guru dan peserta didik di kelas X IPS1 pada mata pelajaran Ekonomi. Lesson study memberi ruang kepada guru untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam melakukan perubahan dan perbaikan. Sementara bagi peserta didik, lesson study memberi ruang hak belajar untuk difasilitasi mengembangkan potensi yang dimilikinya. Hasil penelitian ini menjadi rekomendasi bagi perbaikan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas di Kota Ternate, khususnya pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endang, P., & Sangaji, K. (2020). Kolaborasi Guru dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Praktik Lesson Study for Learning Community di SMK Pembangunan Ternate. Jurnal Ilmiah Wahan Pendidikan, 35-40.

Hendayana, S. d. ( 2007). Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan keprofesionalan Pendidik. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA,.

Jayanti, N. K. (2014). Pengaruh model pembelajaran Heuristik-V berbantuan peta konsep terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V. E-Jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Gansha, 21-25.

Kurnia, N. D. (2017). The Implementation of Find Someone Who and Two Stay Two Stray Models to Improve Students’ Self-Efficacy And Social Studies Learning Outcomes. IOSR Journal of Research & Method in Education, 07(03), 66–70. doi:10.9790/7388-0703036670

Larsson, K. (2017). Understanding and teaching critical thinking-A new approach. International Journal of Educational Research, 32-42.

Mas’ud, A. H. (2019). The development of lesson design to improve collaboration activities and scientific work. AIP Conference Proceedings, (p. 2194).

Mirhaja, F. J. (2020). Tokkatsu:Initiating Students’ Collaborative Activities in Lesson Study Piloting School. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(1), 63-72. doi:10.23960/jpp.v10.i1.202008

Pang, M. a. (2013). Learning study: helping teachers to use theory, develop professionally, and produce new knowledge to be shared. Instructional Science, 589-606.

Purwati, E., & Sangaji, K. (2020). Kolaborasi Guru dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Praktik Lessn Study for Learning Community di SMK Pembangunan Ternate. Jurnal Ilmiah Wahan Pendidikan, 35-40. doi:10.5281/zenodo.3627414

Sri Utami, W. S.-,. (2016). The Effectiveness of Geography Student Worksheet to Develop Learning Experiences for High School Students. Journal of Education and Learning, 315. Retrieved from https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p315

Stigler, J. W. (1999). The teaching gap: Best ideas from the world’s teachers for improving in the classroom. New York: The Free Press.

syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya Di Indonesia. Seminar Nasional SAINS, TEKNOLOGI, HUMANIORA, DAN PENDIDIKAN (pp. 1276-1283). Medan: SINASTEKMAPAN.

Downloads

Published

2022-01-07