PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Siti Nur Azizah Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Agatha Sri Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v5i1.3037

Keywords:

Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Kompetensi Guru merupakan salah satu hal yang mempengaruhi peserta didik dalam proses pembelajaran. Semakin tinggi Kompetensi yang dimiliki Guru maka kefektivitan Pembelajaran juga akan semakin tinggi. Namun bukan hanya Kompetensi Guru saja yang mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran akan tetapi Fasilitas Belajar yang disediakan dalam proses pembelajaran juga mempengaruhi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu “Untuk mengetahui adakah pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung”. Desain penelitian yang di gunakan bersifat deskriptif berjenis riset eksplanatori dengan metode survey. Data di ambil menggunakan kuesioner melalu google form dengan responden berjumlah 61 orang, dengan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik Simple Random Sampling. Metode analisis data yang di gunakan adalah regresi Linear berganda. Metode pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan angket (kuisioner). Hasil penelitian Uji t terbukti bahwa ( Kompetensi Guru X1 ) nilai thitung (4,622) > ttabel (2,002) dan ( Fasilitas Belajar X2 ) nilai thitung (3,219) > ttabel (2,002) dapat disimpulkan secara parsial bahwa “ada pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020”. Uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung (69,229) > Ftabel (3,16). Hal ini menunjukkan ada pengaruh positif variabel Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut juga ditunjukkan dengan hasil pengujian regresi linier berganda yang menunjukkan bahwa koefisien determinasi (Adjusr R square) sebesar 0,705. Nilai Adjusted R square dikalikan 100% menjadi 70,5%. Sedangkan sisanya sebesar 29,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi mahasiswa, dan kepada dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan, serta sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles