ke, ber, me, the STUDI KOMPARATIF STRATEGI INFLUENCER MARKETING, PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN VARIAN PRODUK DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH CUSTOMER
(Studi Kasus Bakso Pelakor Dan Bakso Bengkong Di Kec. Klampis Kab.Bangkalan)
Kata Kunci:
Influencer Strategy, Utilization of Social Media, Product VariationsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan strategi influencer marketing, pemanfaatan media sosial, dan varian produk dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada Bakso Pelakor dan Bakso Bengkong di Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bakso Pelakor mengandalkan influencer untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kredibilitas, sementara Bakso Bengkong fokus pada konten organik dan keaslian produk. Meskipun Bakso Pelakor berhasil menarik perhatian dengan inovasi menu dan promosi agresif di media sosial, Bakso Bengkong tetap mempertahankan pelanggan setia melalui kualitas rasa dan pelayanan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kedua usaha memiliki pendekatan yang berbeda dalam strategi pemasaran, yang berpengaruh terhadap persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif di era digital. Kata kunci : Strategi Influencer, Pemanfaatan Media Sosial, Varian ProdukUnduhan
Referensi
Andi Gunawan Chakti. (2019). The Book Of Digital Marketing. Celebes Media Perkasa.
Andi Pratama Pandian, W. Y. A. (2023). Sosial Media Dan Strategi Pemasaran. CV.Mega Perss Nusantara.
Armayani. (2024). Pengaruh media sosial instagram dan tiktok sebagai media promosi digital terhadap keputusan pembelian produk skintific pada mahasiswa hasanuddin. 3–49.
Ayumsari, R. (2022). Peran Dokumentasi Informasi Terhadap Keberlangsungan Kegiatan Organisasi Mahasiswa. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 63–78. https://doi.org/10.30742/tb.v6i1.2044
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Media Sosial Remaja. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Fatimah, S. (2020). Studi Komparatif Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Customer (Studi Kasus Lina Hotel Senggigi dan Mascot Hotel Senggigi. 2507(February), 1–9.
Firmansyah, A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 1–337.
Haq, M. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irsyad Kota Madiun. Skripsi, April 2016, 15–52.
Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. 21–46.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34
Irawan, C. (2019). Secangkir Kopi Untuk Sahabat Customer. PT Gramedia Pustaka Utama.
Jasmine, K. (2016). 済無No Title No Title No Title. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 1(1), 140–157.
Jonaedi Efendi dan Fitri Lutfianingsih. (2023). Aspek Hukum Media Sosial Perdata Dan Pidana. Prenada media.
Latifah, L. N. (2019). Analisis Komparatif Influencer Marketing, Varian Produk dan Keputusan Pembelian Pada Menantea dan Es Teh Indonesia di Surabaya. 105(3), 129–133. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id
Luluk Tri Harinie. (2024). Pemasaran Digital. CV. Intelektual Manifes media.
Marissa Grace Haque-Fawzi. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Pascal Books.
Muhammad, D. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, 15(2), 116–123.
Reynaldhia, D. (202 C.E.). Peran Influenser Marketing di Instragram. Jejak Pustaka.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Salim, F. K., & Catherine. (2018). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1689–1699.
Setiabudi, N. A., Prabaseno, I. W., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness dari Produk Skincare. Co-Value:Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(5), 537–548.
Shandi, I. F. A. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Pergaulan Bebas Dimasa Peminangan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 92.
Shelemo, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Siswati, E. (2016). Teknologi.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Strategi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 1 Rejotangan, Kab. Tulungagung. Suparyanto Dan Rosad (2020), 5(3), 248–253.
Supramono. (2023). Tranformasi Digital Belajar Dari UMKM Bidang Makanan Dan Minuman. Penerbit NEM.
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Widyaningrum Dwi, M., Nur Sulistiyowati, L., & Citaningtyas Ari Kadi, D. (2022). SIMBA SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 4 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 4 KOTA MADIUN (STUDI KASUS UMKM KULINER DI KOTA MADIUN). September 2022. www.yogya.ayoindonesia.com
www.liputan6.com Nusantara, K. (2024). GASTRO KRITIK: KAJIAN SASTRA BERWAWASAN KULINER SEBAGAI WAHANA PENGENALAN DAN PELESTARIAN KULINER NUSANTARA Binti Mariatul Kiptiyah 1
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-07-15 (2)
- 2025-07-10 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.