ANALISIS EFEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA DAN MOTIVASI PIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN
Kata Kunci:
Efektivitas penilaian, Motivasi Pimpinan, ProduktivitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh Efektivitas Penilaian Kinerja dan Motivasi Pimpinan Terhadap Produktivitas Karyawan di PT. BPR Supra Artapersada Kota Sukabumi. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner yang disebar pada 39 karyawan yang berisikan 27 pernyataan terkait variabel Efektivitas Penilaian , Motivasi Pimpinan , dan Produktivitas karyawan dengan pengukuran menggunakan skala likert. Selanjutnya, data yang diperoleh dilakukan berbagai pengujian seperti uji validitas dan reliabilitas serta pengujian asumsi klasik untuk kemudian dianalisis dengan berbagai pengujian dengan bantuan software SPSS 27 untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini. Hasil statistik uji validitas dan reliabilitas menunjukan instrument penelitian layak digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas penilaian dan motivasi pimpinan secara simultan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan, sedangkan efektivitas penilaian secara parsial tidak berpengaruh terhadap produktivitas karena t hitung < 0.284 lebih kecil dari t tabel 1.686, dan motivasi pimpinan secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas karyawan karena t hitung 5.094 lebih besar dari t tabel 1.686. Penemuan penelitian ini, menambah pemahaman dalam pengembangan strategi dalam mengelola SDM dalam upaya meningkatkan produktivitas melalui efektivitas penilaian dan motivasi pimpinan.Kata Kunci: Efektivitas penilaian, Motivasi Pimpinan, ProduktivitasUnduhan
Referensi
Amin Effendy, A., Fadhilah, A., Surya, J. L., No, K., & Selatan -Banten, P. T. (2018). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Pengaruh Insentif Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Calibramed Jakarta Selatan Articles Information Abstract Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma Prodi Magister Manajemen & Forkamma Unpam. 1(3), 85–96.
Anggraeni, R., & Budi, A. (2023). Analysis Of Company Value Antecedents In Lq45 Index Companies 2018-2023. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 36–49. https://doi.org/10.31000/combis.v6i1
Ardista, R., Tinggi, S., & Tribuana, I. E. (2021). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. JURNAL PARAMETER, 6(1), 38–49.
Balbed, A., & Sintaasih, D. K. (2019). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pemediasi Motivasi Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(7), 4676. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i07.p24
Ezquerro, L., Coimbra, R., Bauluz, B., Núñez-Lahuerta, C., Román-Berdiel, T., & Moreno- Azanza, M. (2024). Large dinosaur egg accumulations and their significance for understanding nesting behaviour. Geoscience Frontiers, 15(5). https://doi.org/10.1016/j.gsf.2024.101872
Ghozali. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja.
Gun Mardiatmoko. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Hendra Syaputra. (2023). Excluded from Similarity Report Internet database Publications database Crossref Posted Content database Manually excluded sources Summary.
Mar’atush Sholihah, Yoga Aditiya, N., Saphira Evani, E., Maghfiroh, S., & Soedirman, U. J. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda.
Muklhis Aziz, O. : (2015). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home Dalam Berbagai Perspektif. In Jurnal Al-Ijtimaiyyah (Vol. 1, Issue 1).
Nurul Ichsan, R., & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt.
Jasa Raharja Medan (Vol. 6, Issue 1).
Nur Hikmatul Auliya, Ms., Helmina Andriani, G., Roushandy Asri Fardani, Ms., Jumari Ustiawaty, Mp., Evi Fatmi Utami, Ms., Dhika Juliana Sukmana, A., Rahmatul Istiqomah, R., Oleh, D., Pustaka Ilmu Editor, C., & Abadi, H. (2021). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.pustakailmu.co.id
Purwanto S. Katidjan, S. P. dan A. I. (2017). Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen.
Racmad et al., Budiarti, I., Nawa, B., Pendidikan, T., Stkip, M., & Banjarmasin, P. (2017).
Pengaruh Kemandirian Belajar (SelfRegulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar.
Vera Yunita, A., Manajemen, H., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, U. (2024).
Analisis Faktor Motivasi Pimpinan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Unit Sdm Pdam Intan Kota Banjarbaru.
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., Konstansius, D., & Belang, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Jurnal Statistika Dan Matematika), 1(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.