Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan dengan Intervening Kinerja Keuangan
Keywords:
Investment Decisions, Financial Performance, Firm Value, Capital StructureAbstract
Company value is the main factor that describes market conditions on the performance and possibilities of a company. The purpose of this study is to analyze the effect of capital structure, company size, and sales growth on company value, with financial performance intervening. Research with associative quantitative analysis using secondary data, namely the annual financial reports of companies in the Fast-Moving Consumer Goods sector published on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2022–2024. The sample was selected through a purposive sampling method, in 30 companies that met the criteria and a sample of 90. Using path analysis techniques to find out the direct and indirect relationships of each variable. The results of this study prove that partially, capital structure and company size do not affect company value or financial performance. Sales growth does not have a direct effect on company value, but affects financial performance, which then has a significant impact on company value. Simultaneously, capital structure, company size, and sales growth do not affect financial performance, but significantly affect company value through financial performance as an intervening variable.Downloads
References
Agung Santosa, R. E. W. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN MENURUT TEORI SIGNALLING (Studi Pada Perusahaan Manufaktur SektorlIndustri Barang Konsumsi yang Terdaftarxdi Bursa EfekiIndonesia (BEI) Tahun 2017–2020). Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 8(2), 77–91. https://doi.org/10.47686/jab.v8i2.536
Agustin, E. D., Made, A., & Retnasari, A. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan, Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017–2019). Jurnal Akuntansi Indonesia, 11(1), 37. https://doi.org/10.30659/jai.11.1.37-58
Alveno Prakoo Nugroho, Rinofah, R., & Kusumawardhani, R. (2023). Pengaruh Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021). Jurnal Istiqro, 9(2), 116–130. https://doi.org/10.30739/istiqro.v9i2.1849
Anugerah, K. H. G., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusaaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26, 2324. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p24
Elisa, S. N., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan , Ukuran Perusahaan DanPertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10(7), 1–20.
Fitri Prasetyorini, B. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Imu Manajemen, 1(1), 183–196.
Forma, F., & Amanah, L. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia, 1(3), 198–211. https://doi.org/10.61896/jeki.v1i3.14
Inayah, Z. (2022). Analisis Struktur Modal, Profitabilitas Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Penelitian Literature Review Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 788–795. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1141
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1), 66–81. https://doi.org/10.47232/aktual.v17i1.34
Irawati, D. M., Hermuningsih, S., & Maulida, A. (2021). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.741
Jhon, A. S., & Arita, E. (2024). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). Akuntansi, 3(3), 50–68. https://doi.org/10.55606/akuntansi.v3i3.2043
Kholifah, S. N., Karnadi, & Ariyantiningsih, F. (2024). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2020-2022. 3(11), 2095–2109.
Kusumaningrum, D. P., & Iswara, U. S. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAKu), 1(3), 295–312. https://doi.org/10.24034/jiaku.v1i3.5509
Languju, O., Mangantar, M., & Tasik, H. H. D. (2016). Pengaruh return on equity, ukuran perusahaan, price earning ratio dan struktur modal terhadap nilai perusahaan property and real estate terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2), 387–398.
Mas’ud, M. (2008). Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Management and Business, 7(1). https://doi.org/10.24123/jmb.v7i1.122
Novita, H., Samosir, R., Sarumaha, K., & Saragih, E. (2022). Perusahaan Manufaktur Terdaftar Bei 2018-2020. 5(1), 77–86.
Oktaviani, M., Rosmaniar, A., & Hadi, S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Size) Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(1). https://doi.org/10.30651/blc.v16i1.2457
Prastuti, N. K. R., & Sudiartha, I. gede M. (2016). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia PENDAHULUAN Tujuan perusahaan adalah mendapat keuntungan yang maksimal , memakmurkan para pemilik saham atau pemilik perusahaan , kemudian bertujuan menjadikan nilai perusahaan maksimal ya. Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1572–1598.
Purnama, D., & Hamzah, A. (2023). Peran Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Dan Pertumbuhan Penjualan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(2), 619–628.
Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). 253133-Pengaruh-Kebijakan-Dividen-Likuiditas-Pr-3Fa88Dfa. Akuntansi, 5(7), 4044–4070.
Sarmigi, E., Sumanti, E., & Azhar, A. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(1), 20–29. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3501
Silalahi, E., & SIHOTANG, V. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 7(2), 153–166. https://doi.org/10.54367/jrak.v7i2.1381
SPENCE, M. (1978). JOB MARKET SIGNALING **The essay is based on the author’s doctoral dissertation (“Market Signalling: The Informational Structure of Job Markets and Related Phenomena,” Ph.D. thesis, Harvard University, 1972), forthcoming as a book entitled Market Signalin. In Uncertainty in Economics (Vol. 87). ACADEMIC PRESS, INC. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-214850-7.50025-5
Sugeng, B. (2019). Manajemen Keuangan Fundamental. In DEEPUBLISH (Vol. 11, Nomor 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Susetyowati, I., & Handayani, N. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance, PertumbuhanPenjualan, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(3), 1–20.
Wiliams, P. F. (2015). RETHINKING DECISION USEFULNESS. 043, 6.
Hanafi, M. M., & Halim, A. (2016). Analisis laporan keuangan. Yogyakarta: Upp Stim Ykpn.
Harahap, S. S. (2008). Analisis Kritis Manajemen Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kasmir.Analisis Laporan Keuangan / Kasmir .2019
Fahmi, I. (2014). Manajemen keuangan perusahaan dan pasar modal. Jakarta: Mitra wacana media, 109.
Misran, M., & Chabachib, M. (2017). ANALISIS PENGARUH DER CR DAN TATO TERHADAP PBV DENGAN ROA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar pada BEI Tahun 2011 – 2014). Diponegoro Journal of Management, 6(1), 203-215. Retrieved https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17552
Tim Riset IDX Chanel (2024). Menelisik Prospek Emiten Consumer Goods Hingga Akhir 2024. Diakses pada 1 Mei 2025, dari https://www.idxchannel.com/market-news/menelisik-prospek-emiten-consumer-goods-hingga-akhir-2024
Corina Fajriyani (2025). Beauty and festive categories are ‘heroes’ of FMCG growth in Indonesia. Diakses pada 1 Mei 2025, dari https://www.kantar.com/inspiration/fmcg/beauty-and-festive-categories-are-the-heroes-of-fmcg-growth-in-indonesia
Ojk (2024). Statistik Mingguan Pasar Modal. Diakses pada 1 Mei 2025, dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/data-dan-statistik/statistik-pasar-modal/Documents/1.%20STATISTIK%20MINGGU%20KE-1%20DESEMBER%202024.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.