PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KANDIS

Penulis

  • Ibnu Tymoti Universitas Riau
  • Fenny Trisnawati Universitas Riau
  • Filma Alia Sari Universitas Riau

Kata Kunci:

tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Mata Pelajaran Akuntansi SMK Negeri 1 Kandis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan metode   penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kandis dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 61 siswa, dari kelas XI AKL 1 dan AKL 2 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sensus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi untuk memperoleh hasil belajar siswa dan kuesioner untuk mendapatkan data tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar. Data yang terkumpul kemudian ditabulasi dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan tingkat pendidikan orang tua dalam kategori menengah dan motivasi belajar dalam kategori tinggi sementara hasil belajar siswa dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresi Y= 79,121 + 1,472X1 + 0,177X2 + e dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 39,7% serta 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, E. R., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Nilai Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Di SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Jurnal Ecogen, 2(4), 715. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7849

Amalia, F., Arifin, R., & Tjahjono, A. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga The Role Of Parents In The Child ’ s Moral Education In The Family. 456–464.

Ananda, A. F., Mardiyyaningsih, A. N., & Tenriawaru, A. B. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.5970

Ashadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan AAshadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4, 717–728. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3718nak . Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4, 717–728. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3718

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.

Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959–1965. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2285

Dwi, A. M. (2016). Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Serta Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri Di Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 71–136. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0789-4_2

Gule, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru) (K. Kodri (ed.)). CV. Adanu Abimata.

Jamila, J. (2016). Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 76.

Kompri. (2017). Belajar, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Media Akademi.

Lase, I. P. L. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Keperguruan Tinggi Smk Kabupaten Nias. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 261–264.

Nur, F., Suarman, S., & Hendripides, H. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Cerenti Kab. Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6, 1–8.

Nur Faizi Putra Fuwa, M., & Sova Puspidalia, Y. (2022). Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp Sapta. 8(2), 73–89. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/2/Artikel_Musmaryetti

Peraturan Pemerintahan RI. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tantang Sitem Pendidikan Nasional (Vol. 4, pp. 147–173).

Rahmasari, W., Darusman, Y., & Mahendra, H. H. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 55–70. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu

Sappaile, B. I., Pristiwaluyo, T., & Deviana, I. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa (Issue February).

Sardiyanah, S. (2015). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. 7(1), 174–196.

Sugiyono, sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa (1st ed.). Deepublish CV. Budi Utama.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Diterbitkan

2025-07-31