PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE DECISION YANG DI MEDIASI OLEH REFERENCE GROUP DAN BRAND TRUST PADA PRODUK SKINTIFIC

Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Reference Group Dan Brand Trust Pada Produk Skintific

Authors

  • Tri Noviana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dr. H. Mohammad Rifqy Roosdhani, ST, MM Nahdlatul Ulama Islamic University of Jepara

Keywords:

Brand Ambassador, Reference Group, Brand Trust, Purchase Decision

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh reference group dan brand trust pada produk skintific. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan masyarakat umum berusia 17-30 tahun yang menggunakan produk perawatan kulit skintific. Penelitian ini memanfaatkan 124 sampel yang dianalisis menggunakan metode PLS SEM dengan program Smart PLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan reference group dan brand trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil specific indirect effect, reference group dan brand trust dapat memediasi pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbari, R. Z., et al. (2024). "The Role of Brand Image in Mediating the Influence of Social Media Marketing and Product Quality on Purchase Decision Uniqlo in Indonesia." 5(1): 23-44.

Akbarsyah, A. J. J. I. M. T. B. (2012). "Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Joytea Di Kota Bandung Tahun 2012."

Arista, D. and S. R. T. J. J. I. A. Astuti (2011). "Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen." 13(1): 37-45.

Astuti, R. and A. J. J. A. Alfarizky (2020). "Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Yamaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara." 1(2): 32-42.

Azzahra, F. D. and M. J. J. B. Rizan, Manajemen, Dan Keuangan-JBMK (2021). "Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention serta Dampaknya pada Purchase Decision: Studi pada Pengguna Layanan Online Food Delivery di Jakarta." 2(3): 874-890.

Banerjee, S. J. I. M. R. (2016). "Moderating effect of peer group environment on consumer predisposition towards premium promotions: A study on young urban consumers in India." 28(4): 225-234.

Basallama, A. D. and M. J. J. M. I. Ariyanti (2023). "The Influence of Reference Group on Purchase Decision of Iphone Products With Lifestyle as A Moderating Variable (Case Study: Iphone Product Users In Indonesia)." 23(1): 73-82.

Bernarto, I., et al. (2020). "The influence of brand awareness, brand image, and brand trust on brand loyalty." 24(3): 412-426.

BOZBAY, Z. and E. K. J. J. o. A. R. i. E. BAŞLAR (2020). "IMPACT OF BRAND TRUST ON BRAND LOYALTY: MEDIATING ROLE OF BRAND AFFECT." 12(2).

Brestilliani, L. and S. J. J. I. D. R. M. Suhermin (2020). "Pengaruh brand awareness, brand ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee (studi pada mahasiswa stiesia)." 9(2).

Britania, W. and M. R. J. J. E. d. M. Roosdhani (2024). "Pengaruh Perceived Quality, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific (Study Pada Konsumen Di Kabupaten Jepara)." 13(1): 92-106.

Cuong, D. T. J. I. J. o. P. R. (2020). "The role of brand trust as a mediator in the relationship between brand satisfaction and purchase intention." 24(6): 14726-14735.

Dewi, I. K., et al. (2025). "Menyelidiki Hubungan antara Citra Merek, Brand Ambassador, dan Keputusan Pembelian Pemutih Wajah Scarlett: Peran Mediasi dari Kepercayaan Pelanggan." 5(6): 1764-1776.

Faadhilah, F. N. J. J. I. M. (2018). "Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Studi Kasus Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea Di Surabaya." 7(1): 133-142.

Fasha, A. F., et al. (2022). "Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran)." 3(1): 30-42.

Fatharani, A., et al. (2013). "Pengaruh gaya hidup (life style), harga (price), dan kelompok referensi (reference group) terhadap keputusan pembelian telepon seluler blackberry (studi pada mahasiswa program S1 angkatan 2009 fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas diponegoro)." 2(3): 57-76.

Gunarsih, C. M., et al. (2021). "Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang." 2(1): 69-72.

Hair Jr, J. F., et al. (2014). "Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research." 26(2): 106-121.

Hariandja, E. S. and T. T. Suryanto (2021). Structural equation modeling of brand love, brand trust, brand respect, brand loyalty and brand equity in Indonesia E-commerce. Proceeding of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, April.

Hastuti, M. A. S. W. and M. J. J. I. E. Anasrulloh (2020). "Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian." 8(2): 99-102.

Irawanti, G. J. P. J. P. I. M. d. K. (2024). "PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND EXPERIENCE DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KECANTIKAN." 9(2): 182-192.

Januar, M. F., et al. (2024). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Purchase Decision Smartphone Merek Oppo di Kecamatan Majalaya. Bandung Conference Series: Business and Management.

Khan, I. and M. J. S. Fatma (2023). "CSR influence on brand image and consumer word of mouth: Mediating role of brand trust." 15(4): 3409.

Kharisma, L. and S. J. N. Hutasuhut (2019). "Peran mediasi minat beli pada pengaruh brand ambassador dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian." 8(3): 197-215.

Kurnia, I. R. J. A. J. A. B. (2024). "Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Shopee (Survey Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Riau)." 10(1): 49-56.

Laili, F. M., et al. (2024). "Peran Brand Ambassador, Brand Image, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Sunscreen." 7(2): 2876-2888.

Lailiya, N. J. I. j. M. (2020). "Pengaruh brand ambassador dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia." 2(2): 113-126.

Lohonusa, A. I. and Y. J. J. E. J. R. E. Mandagie, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (2021). "ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU †œCONVERSE†PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO." 9(4): 511-520.

Maharani, T. S. and A. Widodo (2023). The Impact of Brand Ambassador on Investment Interest: The Mediating Effects of Brand Awareness and Brand Trust. Proceeding of International Conference on Innovations in Social Sciences Education and Engineering.

Martha, L. and D. J. J. V. J. I. I. M. D. K. Maini (2022). "Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Cv. Tjahaja Baru Surantih." 2(2): 1172-1192.

Maru, I. N. T., et al. (2024). "Pengaruh Promosi Online, Celebrity Endorser, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Diamond Mobile Legends di Kota Kupang: Peran Mediasi Gaya Hidup." 3(2): 128-135.

Natalia, S. J. J. S. P. (2013). "Analisa prediksi/penilai efektivitas penggunaan selebritis sebagai brand endorser untuk membangun brand image (studi kasus iklan the face shop)." 1(2): 1-8.

Noviyanti, I., et al. (2021). "Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh." 4(1): 43-54.

Pelupessy, M. M., et al. (2023). "INFLUENCE ECOMMERCE ON TOKOPEDIA BRAND PERFORMANCE: THE ROLE OF BRAND AWARENESS DIFFERENTIATION ADVANTAGES." 12(04): 1475-1491.

Permana, G. N., et al. (2024). "The Influence of Brand Ambassadors on Purchase Decisions and Brand Image as Intervening in Avoskin Products." 3(1).

Pramezwary, A., et al. (2021). "Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19." 19(1): 24-31.

Puspasari, P. J. J. A. d. M. B. (2022). "Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup Sehat, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bear Brand." 2(1): 104-112.

Putra, H. D., et al. (2023). "Literature review: Peran brand ambassador terhadap keputusan pembelian melalui minat beli." 31(1): 799-806.

Putri, M. O. and S. E. J. C. B. J. I. M. Sabardini (2023). "Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Kasus Produk Skincare Whitelab Pada Masyarakat Di Yogyakarta)." 4(1): 1.

Rahma, A. N., et al. (2024). "Pengaruh Brand ambassador, Brand image, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Skincare Scarlett Whitening Di Sidoarjo." 7(2): 3275-3292.

Rahma, I. Y. and M. T. J. e. o. M. Lestari (2020). "Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador Terhadap Brand Image Produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken." 7(2).

Rahmadani, A. and Y. J. T. B. Anggarini (2021). "Pengaruh Korean Wave dan brand ambassador pada pengambilan keputusan konsumen." 22(1): 59-72.

Rakhmawati, I. Y. and T. J. J. P. T. N. Sudarwanto (2021). "Pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk shake herbalife." 9(2): 1244-1250.

Ramadhan, H. M. J. J. E. d. B. (2023). "Pengaruh Brand Ambassador Nct 127 Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Trust Pada E-Commerce Blibli. Com." 6(1): 167-175.

Rizki, S. P. and M. J. D. J. O. M. Mudiantono (2016). "Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Face Care Garnier Di Kota Semarang)." 5(2): 200-111.

Rosyd, A. and I. K. J. J. K. I. M. Mala (2024). "ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC." 8(7).

Sadli, I. and S. J. J. M. P. d. P. K. Sumiati (2023). "Pengaruh Kelompok Referensi, Brand Image, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian." 2(3): 599-611.

Santosa, A. D. and I. D. J. J. E. M. Cahyaningtyas (2020). "Pengaruh personal selling dan reference group terhadap keputusan pembelian konsumen." 6(1): 67-73.

Saputro, A. J. J. S. P. (2018). "Pengaruh Digital Marketing dan Brand Ambassador dalam Membentuk Brand Identity sebagai Variabel Intervensi terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar." 5(2).

Selpiah, D. and M. N. J. C. J. P. d. P. Fietroh (2024). "PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA PRODUK SCRALETT WHITENING." 2(8): 294-304.

Silvia, M. L. and M. R. J. O. J. K. P. E. d. I. E. Roosdhani (2024). "THE EFFECT OF PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, AND REFERENCE GROUPS ON E-WALLET USAGE DECISIONS IN GENERATION Z MEDIATED BY ATTITUDE." 8(2).

Sterie, W. G., et al. (2019). "Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado." 7(3).

Sujarweni, V. W. and L. R. J. J. B. d. E. Utami (2015). "Analisis dampak pembiayaan dana bergulir KUR (Kredit Usaha Rakyat) terhadap kinerja UMKM (Studi kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta)." 22(1).

Suparno, S., et al. (2024). "Pengaruh Brand Ambassador, Green Product, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Mahasiswa FEB Universitas SAM Ratulangi Manado." 12(01): 249-260.

Sutarso, P. J. A. and A. J. e. o. M. Suyanto (2019). "Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Marketplace di Indonesia." 6(2).

Syofian, S., et al. (2015). "Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web."

Tamonsang, M. J. E. J. E.-M.-A. (2018). "Pengaruh Bauran Pemasaran, Kelompok Referensi, Keluarga, Peran dan Status Terhadap Keputusan Penggunaan Kartu Kredit (Studi Pada Anggota IDI Malang)." 14(2): 93-100.

Wibowo, A. F. and E. S. H. Riyadi (2017). Pengaruh gaya hidup, prestise dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Taiwan Tea House Semarang). Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis.

Yanthi, A. D., et al. (2020). Peran Kore Wave, Lifestyle, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Innisfree. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar).

Yasmine, D. A., et al. (2024). "Pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening." 1(2).

Yudhistira, V. and F. D. J. J. P. T. N. Patrikha (2021). "Pengaruh promosi penjualan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan variabel kepercayaan sebagai mediator (Studi pada produk fashion online di Surabaya)." 9(2): 1237-1243.

Downloads

Published

2025-07-31