Strategi Strategi Pemasaran Jiandy Wedding Organizer Dalam meningkatkan Kualitas Layanan Jasa di Desa Leppangeng Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang
Kata Kunci:
Marketing Strategy, Service Quality, Wedding OrganizerAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pemasaran dalam meningkatkan kualitas layanan pada usaha jasa, khususnya pada Jiandy Wedding Organizer di Desa Leppangeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Jiandy Wedding Organizer dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi Nvivo 12 untuk membantu pengelompokan tema dan penyusunan kategori berdasarkan hasil wawancara secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jiandy Wedding Organizer menerapkan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion) secara efektif, seperti menawarkan variasi paket pernikahan, harga kompetitif, promosi melalui media sosial, serta pelayanan yang cepat dan ramah. Kesimpulannya, strategi pemasaran yang diterapkan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat citra usaha di tengah persaingan layanan sejenis.Unduhan
Referensi
Andi Riska, Sapriani, M. T. (2024). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada. 17(2), 2214–2221.
Aziza, I. N., & Adikara, G. J. (2024). Strategi komunikasi pemasaran Faiza Event and Wedding Organizer dalam menjaring konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(4). https://doi.org/10.21831/lektur.v6i4.20972
Fajar Saputro, & Muhammad Jalari. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Roti Bakar. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 266–285. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.639
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Hilaliyah, S. A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Yang Di Moderasi Oleh Suasana Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 172–187. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1699
Islam, J. E., Mahliza, I., Husein, A., Gunawan, T., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v1i3.98
Muhammad Machrizan Nabil. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 4P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Pare Bercerita. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(3), 252–262. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3061
Novitawati, R. A., Henceni, P. A., & Susanto, R. Y. (2021). Faktor bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen 1. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 57–62.
Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 210–223. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2026
Andi Riska, Sapriani, M. T. (2024). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada. 17(2), 2214–2221.
Aziza, I. N., & Adikara, G. J. (2024). Strategi komunikasi pemasaran Faiza Event and Wedding Organizer dalam menjaring konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(4). https://doi.org/10.21831/lektur.v6i4.20972
Fajar Saputro, & Muhammad Jalari. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Roti Bakar. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 266–285. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.639
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Hilaliyah, S. A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Yang Di Moderasi Oleh Suasana Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 172–187. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1699
Islam, J. E., Mahliza, I., Husein, A., Gunawan, T., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v1i3.98
Muhammad Machrizan Nabil. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 4P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Pare Bercerita. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(3), 252–262. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3061
Novitawati, R. A., Henceni, P. A., & Susanto, R. Y. (2021). Faktor bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen 1. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 57–62.
Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 210–223. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2026
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.