PENGARUH HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KONSUMEN INDOMIE DI KECAMATAN SRAGEN)
Kata Kunci:
Harga, Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas PelangganAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana kepuasan konsumen Indomie di Kecamatan Sragen menjembatani hubungan pada harga dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan mengambil sampel 100 konsumen indomie di Kecamatan Sragen. Pertama, uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan pada terhadap alat penelitian. Analisis dan Jalur Sobel merupakan teknik analisis yang digunakan. Best Linear Unbiased Estimator (BLUE) serangkaian Uji Asumsi Klasik, digunakan untuk memastikan bahwa model regresi dengan estimasi dan pengujian tak bias dapat diandalkan. Uji Determinasi (R2) dilakukan, uji F digunakan untuk mengevaluasi model, uji t dan uji Sobel digunakan untuk menilai hipotesis. Pelaksanaan penelitian memberi kesimpulan bahwa Harga memberikan dampak yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan indomie di Kecamatan Sragen. Harga mempengaruhi kepuasan konsumen indomie di Kecamatan Srageni secara signifikan. Kepuasan konsumen berdampak signifikan terhadap loyalitas pelanggan indomie di Kecamatan Sragen, dan Harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan konsumen Indomie di Kecamatan Sragen.Unduhan
Referensi
Al Fian, J. (2016). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan AUTO 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6).
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Amstrong, G., & Kotler, P. (2004). Dasar - Dasar Pemasaran. PT. Prehalindo.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Fatmawati, N., & Soliha, N. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic Honda. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 10(1), 1–20.
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Manajemen, 1(2), 1–10.
Hasan, & Ali. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, CAPS (Center For Academic Publishing Service) (T. Admojo (ed.)). Yogyakarta CAPS 2013.
Khakim, Fathoni, & Minarsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management, 1(1).
Kother, P., & Keller, L. . (2007). Manajemn Pemasaran. PT Indeks.
Kotler, A. (2001). Prinsip - prinsip Pemasaran (Edisi kedu). Erlangga.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol (Jilid Kedu). PT. Prehalindo.
Kotler, P. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Jilid 1. E). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, L. . (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). PT Indeks.
Lupiyoadi, & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Kedu). Salemba Empat.
Mole, M. A., Mandey, S. I., & Kojo, C. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royal’s Resto And Function Hall Di Kota Ternate. Jurnal Riset Ekonomi, 7(1).
Putra, E. ., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang) Endhar. Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 184–193.
Ratlan, P. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Jurnal UBM, 10(1).
Sari, H. V. P., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Biskuit Oreo Di Carrefour Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1).
Siregar, N., & Fadillah, H. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2).
Sompa, A. T., Suwarni, E., & Gunarto, M. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Makanan Cepat Saji Di Kota Palembang (Studi Pada Kentucky Fried Chicken (Kfc). Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Bina Darma.
Stanton, W. J. (2003). Prinsip Pemasaran (A. B. oleh S. Sundaru (ed.); Jilid Satu). Erlangga.
Swastha, & Sukorjo. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Syahidin, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Jurnal Ekonomi Review Gajah Putih, 4(1).
Tjiptono, F. (2014). Prinsip Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Ofset.
Umar, H. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.
Walangare, J. L., & Roring, S. J. M. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Kepuasan, Kepercayaan Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di The Coffee Bean Mantos. Jurnal EMBA, 7(1), 581–590.
Widyatama, C. P., & Lestari, S. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Rifa Kuliner Kendal). Jurnal Merah Putih, 7(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56444/sa.v7i3.941
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.