PENGARUH MERGER DAN AKUISISI TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2012-2016

  • Ahmad Basid Hasibuan Universitas Darma Persada
  • Faisal Saputra Universitas Darma Persada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh merger dan akuisisi terhadap harga saham perusahaan pengakuisisi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2016, dengan variabel penelitan berupa pengumuman merger dan akuisisi serta return tak normal (abnormal return). Dalam penelitian ini penulis melakukan pengujian dengan menggunakan metode event study yang menghasilkan informasi bahwa ditemukan 6 hari terjadinya return tak normal (abnormal return) yang signifikan, karena nilai return tak normal standarisasi (standardized abnormal return) atau t-hitung pada 6 hari tersebut lebih atau kurang dari nilai t-tabel. Selain itu, dilakukan juga uji beda menggunakan metode wilcoxon signed rank test yang menghasilkan informasi bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata return tak normal (abnormal return) yang signifikan pada harga saham perusahaan pengakuisisi antara periode sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi, karena nilai signifikansi atau asymp.sig yang diperoleh sebesar 0,421 > 0,05 (α: 5%; df: n-1).
      Simpulan dari hasil tersebut adalah bahwa pengumuman merger dan akuisisi tidak menghasilkan return tak normal (abnormal return) yang signifikan pada harga saham perusahaan pengakuisisi yang melakukan merger dan akuisisi. Hal ini karena return tak normal (abnormal return) sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi tidak berbeda atau sama secara statistik, meskipun disekitar pengumuman merger dan akuisisi tersebut terdapat return tak normal (abnormal return) yang signifikan secara statistik pada 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah hari pengumuman merger dan akuisisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 20, 2019
How to Cite
HASIBUAN, Ahmad Basid; SAPUTRA, Faisal. PENGARUH MERGER DAN AKUISISI TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2012-2016. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 116-130, july 2019. ISSN 2549-2284. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/2158>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v3i2.2158.
Section
Articles