KONSTRUKSI SOSIAL PERILAKU EKOLOGIS PELAJAR MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER “TATANEN DI BALE ATIKAN” DALAM SIKAP KEWIRAUSAHAAN
Keywords:
konstruksi sosial, perilaku ekologis, pendidikan karakter, kearifan lokalAbstract
Penelitian bertujuan menganalisis konstruksi sosial perilaku ekologis pelajar melalui pendidikan karakter Tatanen di Bale Atikan Dalam Sikap Kewirausahan di Purwakarta. Tatanen di Bale Atikan merupakan program pemerintah daerah dalam rangka penguatan pendidikan karakter yang telah dicanangkan pemerintah pusat. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dengan melihat pada tiga proses yang dialektis yaitu 1) eksternalisasi, penyesuaian diri dengan dunia sosio kultural sebagai produk manusia dimana dalam proses eksternalisasi ini melahirkan opini dan sikap pelajar terhadap program pendidikan karakter. Habituasi yang dilakukan oleh pelajar sebagai proses penyesuaian diri terhadap peraturan yang baru; 2) objektivasi yaitu interaksi dalam dunia intersubjektif yang mengalami institusionalisasi melahirkan pola perilaku ekologi pelajar; 3) internalisasi yaitu melekatnya nilai-nilai karakter secara utuh bahkan telah menyatu pada dirinya yang memiliki identitas sebagai pelajar Purwakarta berkarakter.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan empat tahap analisis; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teori konstruksi sosial, pendidikan karakter dan kearifan lokal.Downloads
References
Adiraharja, M. I. (2023). The Implementation of “Maneuh di Sunda” Local Wisdom in Character Education at Purwakarta Regency. Jomantara: Indonesian Journal of Art and Culture, Vol. 3 No. 1 January 2023. https://doi.org/10.23969/jijac.v3i1.7099
ÇALIK, E. Ö. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.), Creswell, J. W. Thousand Oaks, CA: Sage, (2014).650 pp. ELT Research Journal, 11(2).
Hana Yunansah, Y. T. H. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 09(01), 27–34. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/6153
Laoli, J., Lase, D., & Waruwu, S. (2022). Analisis Hubungan Sikap Pribadi Dan Harmonisasi Kerja Pada Kantor Kecamatan Gunungsitoli Alo’Oa Kota Gunungsitoli. Jurnal Ilmiah Simantek, 6(4).
Lickona, T. (2006). Eleven Principles of Effective Character Education Eleven Principles of Effective Character Education. https://doi.org/10.1080/0305724960250110
Moko P. Astomoen. (2005). Entrepreneurship dalam perspektif kondisi bangsa Indonesia. Alfa Beta.
Mukhyar, & Puspita, Y. (2022). ANALISIS EKONOMI ENTREPRENEURSHIP. Jurnal Ar-Ribhu, 5(2). https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v5i2.658
Purnami, W., Utama, W. G., & Madu, F. J. (2016). Internalisasi Kesadaran Ekologis Melalui Pengelolaan Sampah di Lingkungan sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Rachman, B. M. (2013). Fenomenologi Diri dan Konstruksi Sosial Mengenai Kebudayaan; Edmud Husserl dan Jejak-jejaknya pada Ponty dan Peter Berger. Ilmu Hushuluddin Driyakarya Jakarta, 1(06).
Raharja, A. D., Selvia, M., & Hilman, C. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan yang Relevan dalam Mengatasi Permasalahan Global. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2). https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.215
Rahyono. (2009). Kearifan Budaya Dalam Kota (1st ed.). Wedatama Widya Sastra.
Ridho Muhamad. (2020). Teori Motivasi McClelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 08(01). file:///C:/Users/Sri Suhartini/Downloads/673-Article Text-1617-1-10-20200517.pdf
Samani, M., Daryono, M., & Ratnadewi, D. (2018). Developing Character Education Based on Local Wisdom. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.60
Suharko. (2014). Pencegahan Bencana Lingkungan Hidup Melalui Pendidikan Lingkungan (Preventing Ecological Disaster through Environmental Education). Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 21(2).
Suhartini, S., Sekarningrum, B., Sulaeman, M. M., & Gunawan, W. (2019). Social construction of student behavior through character education based on local wisdom. Journal of Social Studies Education Research, 10(3), 276–291.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta EGC.
Suyanto. (2010). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.