PENGARUH PROGRAM DOUBLE TRACK DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMA NEGERI 4 BANGKALAN
Keywords:
Double track program, self-efficacy, interest in entrepreneurshipAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh program Double Track dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMA Negeri 4 Bangkalan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa yang mengikuti program double track yaitu sebanyak 45 siswa teknik pengambilan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pada hasil uji t menunjukkan bahwa variabel program double track (X1) dengan nilai t-hitung > t-tabel (4,376 > 2,018) dengan tingkat sig < 0,05 yaitu 0,000, variabel efikasi diri (X2) dengan nilai t hitung > t-tabel (- 2,157 > 2,018) dengan tingkat sig < 0,05 yaitu 0,037, dan Uji F diperoleh dengan nilai Fhitung > Ftabel (9,719 > 2,31), sedangkan nilai sig <0,05 yaitu 0,000 yang menunjukkan bahwa semua variabel X berpengaruh secara simultan terhadap keberhasilan usaha (Y). Selain variabel Program Double Track, Efikasi Diri dan Minat Berwirausaha, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mencakup lebih banyak variabel yang dapat memengaruhi variabel ini.Downloads
References
Afriani, R. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Semester 5 Manajemen Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.
Arisinta, O., & Ulum, R. (2021). Analisis Minat Berwirausaha dalam Perspektif Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Mahasiswa Se-Kabupaten Bangkalan).
Bappeda Jatim. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Jawa Timur Februari 2023 sebesar 4,33 persen. https://bappeda.jatimprov.go.id/2023/05/08/tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-jawa-timur-februari-2023-sebesar-4-koma-33-persen/
Baskoro, F. (2020). Laporan SMA Double Track. https://www.slideshare.net/fajarbaskoro/laporan-sma-double-track
Cahyono, R. D., & Subiyantoro, H. (2022). Pengaruh Program Double Track dan Efikasi Diri terhadap minat berwirausaha siswa SMAN 1 Rejotangan.
Dinar, M., & dkk. (2020). Kewirausahaan.
Hakim, R., & Septiana, A. (2018). Ekonometrika (Konsep Dasar dan Aplikasi dalam Ekonomi & Pendidikan).
Kristiyani, T. (2016). Self regulated learning konsep, implikasi, dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. In Sanata Dharma University Press, Yogyakarta.
laurence zagoto, sri floridina. (2019). Efikasi Diri dalam Proses Pembelajaran.
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 139 tahun 2018 tentang Program Double Track pada Sekolah Menengah Atas di Jawa Timur, (2018).
Pertiwi, M. A. (2021). Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Min 5 Bandar Lampung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sukemi. (2019). SMA Double Track. PT. Pandar Asa Komunika.
Syamsudin, A., & Dkk. (2019). pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.