PENGARUH PROMOSI MELALUI DIGITAL DAN SARANA PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI DESA WISATA JATIREJO GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG

Authors

  • Enik Rahayu sekolah tinggi ilmu ekonomi pariwisata indonesia
  • Supardin Ndruru sekolh tinggi ilmu ekonomi pariwisata indonesia

Keywords:

Digital promotion, tourism facilities, tourist satisfaction

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh promosi melalui digital dan pengembangan sarana pariwisata terhadap kepuasan wisatawan di Desa Wisata Jatirejo. Metode kuantitatif digunakan dengan survei dan kuesioner kepada 105 responden wisatawan. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara promosi digital, sarana pariwisata, dan kepuasan wisatawan, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 65%. Promosi digital yang efektif meningkatkan minat wisatawan, sedangkan sarana pariwisata yang memadai memberikan pengalaman positif. Implikasi praktisnya adalah pengelola Desa Wisata Jatirejo dapat merumuskan strategi promosi yang lebih efektif dan pengembangan sarana pariwisata untuk meningkatkan kepuasan wisatawan. Saran perbaikan mencakup peningkatan kualitas promosi digital, perbaikan sarana pariwisata, monitoring dan evaluasi kontinu, pelatihan sumber daya manusia, dan penelitian lanjutan untuk mendalami aspek-aspek yang belum tercakup. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan industri pariwisata berbasis digital di daerah tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari., M. E. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).

Andreadmaja. (2022). Strategi Pengembangan Prasarana Dan Sarana Pariwisata Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Issue 8.5.2017).

Budiani, S. R., Wahdaningrum, W., Yosky, D., Kensari, E., Pratama, H. S., Mulandari, H., Iskandar, H. T. N., Alphabettika, M., Maharani, N., Febriani, R. F., & Kusmiati, Y. (2018). Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia, 32(2), 170. https://doi.org/10.22146/mgi.32330

Edi Irawan. (2023). Tinjauan Pemasaran Pariwisata Melalui Teknologi Informasi Sebagai Perencanaan Manajemen Industri Pariwisata : Suatu Kajian Literatur. Dharma Ekonomi, 30(1), 16–32. https://doi.org/10.59725/de.v30i1.70

Fatmawati, I., & Sulistyo, A. (2022). Peningkatan Daya Saing Objek Wisata Berbasis Masyarakat melalui Strategi Digital Marketing. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 383. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.12400

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM SPSS 23 (8th ed.). Universitas Diponegoro. Semarang.

Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 163–170. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559

Maranisya, U., & Sutanto, S. (2022). Efektivitas Metaverse Tourism Sebagai Sarana Promosi Wisata Alam Hiu Paus Di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2810–2820. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3

Noor, A. (2022). Manajemen pemasaran (Issue April).

Perdana, D. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Industri Perhotelan Di Jakarta). Issn 1693-2617, XII(6), 37–46.

Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, 4(2), 195–201.

Wahyudi, W., & Herlan, M. (2021). Faktor Promosi dan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Objek Wisata Danau Tasikardi Serang - Banten. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 356. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p14

Downloads

Published

2024-07-31