PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK HAND AND BODY LOTION MEREK NIVEA DI BANDUNG RAYA

Authors

  • Fitri Puji Utami Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Elis Dwiana Ratnamurni Universitas Jendral Ahmad Yani

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra merek terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan hand and body lotion Nivea di Bandung Raya. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi berganda. Instrumen digunakan sebagai alat pengumpul data dari responden dengan usia 17 tahun keatas serta pernah memakai hand and body lotion Nivea ialah objek yang dinilai dalam studi ini. Responden dalam studi ini berjumlah 120 orang. SPSS versi 25 dan uji sobel merupakan alat analisis yang digunakan untuk menguji instrumen data. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif antar variabel, namun terdapat satu hipotesis yang gagal menolak H0, menyatakan jika harga tidak dapat berpengaruh pada minat beli ulang. Hasil studi menjelaskan jika harga dan citra merek mempengaruhi minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Yang menjadi pembeda studi ini dengan studi sebelumnya ialah objek yang diteliti pada studi ini adalah hand and body lotion Nivea. Sementara total sampel, teknik pengambilan sampel, dan teknik analisis data dapat disesuaikan dengan objek yang dinilai oleh peneliti sebelumnya. Hasil penelitian ini juga diharapkan bermanfaat bagi pengelola objek yang dinilai untuk merumuskan strategi atau program yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilian, A. A., & Hidayat, A. I. (2023). Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Y . O . U (Survey Pada Pengunjung Counter Produk Skincare Y . O . U Di Toko Ramadhani Kosmetik Sudiang ). Malomo: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi,1(1),81–88. https://ejurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/3504/1726

Ardhianti, D., & Kusuma, P. J. (2023). Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk, Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang (Body Scrub Scarlett Di Aplikasi Shopee). Jurnal Maneksi, 12(4), 950–962.

https://doi.org/10.31959/jm.v12i4.2026

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, 3(2012), 49. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24

Dewi, C. P. (2022). Keizai p ISSN 2807-5668 e ISSN 2807-3967 The Impact of Ms Glow ’ s Prices on Consumer Satisfaction Pengaruh Harga Ms Glow terhadap Kepuasan Konsumen Chandra Puspita Dewi dan member dari Ms Glow , brand Ms Glow dinilai paling banyak diminati jika dibanding. 3(2), 127–135. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/KEIZAI/article/view/301/249

Enindito, F. S., & Hartono, D. K. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 200–212. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jkpu nalanda.v1i3

Fauzi Zulkarnaen, M., Fahrorrozi, M., & Ashari, M. (2022). Jurnal Ilmiah IKIP Mataram Sistem Survei Kepuasan Masyarakat pada Pembuatan Kartu Tanda Penduduk. 9(2). https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim

Fakaubun, U. F. K. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas Di Malang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo, Malang). Jurnal Ilmu Manajem en (JIMMU), 2.2, 58–73.

http://jim.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/3743zulk

Firli, T. A., & Stiawan, D. (2021). Kualitas Produk Dan Pelayanan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Muslim Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. JoIE: Journal of Islamic Economics, Volume 1(2),34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3476

Firmansyah, A. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Di Tokopedia Surakarta Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/93395

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update Pls Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, L. S., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 5(2), 135–145.

https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH EKONOMIKA/article/view/1324

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i1.1282

https://rejabar.republika.co.id/berita/rrnt3a396/bahas-trend-kosmetik-2023-perusahaan-kosmetik-jabar-gelar-pertemuan-anggota

https://rri.co.id/bisnis/363812/indonesia-memiliki-potensi-industri-kosmetik-dan-kesehatan-yang-besar

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan - - Google Books. In Unitomo Press (p. 61).

Kotler, P., & Keller, K. . (2021). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2.

Kusumastuti, A. E., & Kumalasari, A. (2017). The Influence of Relative and Contextual Factors on Consumer Buying Behavior with Religiosity as A Mediating Variable (Case Study of Fashion Moslem in Semarang). Jurnal EBBANK, 8(1), 1–16.

https://ebbank.stiebbank.ac.id/index.php/EBBANK/article/view/106

Laili, R. R., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Body Lotion Citra (Studi Kasus Mahasiswa Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6), 743. https://doi.org/10.20473/vol8iss20216pp743-756

Maharani, A., Arifin, R., & Suharto, M. K. A. B. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Pelanggan Ms Glow Pada Rentang Usia 18-25 Tahun Di Kota Malang. E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(eJrm Vol. 10 No. 13 Agustus 2021), 78–95. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/14552

Mandili, I., Zarkasih, A., Munthe, R. S., & Wahyuni, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, dan Citra Merek terhadap Niat Pembelian Ulang. Studi Kasus: Produk Kosmetik Halal. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(2), 10802–10809. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.4895

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Murniasih, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Produk Skincare Ms Glow di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 140–148. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/5895

Nahra Putra, M. T., & Nurmahdi, A. (2020). Analysis of Effect Price and Quality on Brand Image and Its Implication on Purchase Decision Modena Gas Cooktop (Case Study on Grand Galaxy City Residence Bekasi). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(5), 747–761.

https://doi.org/10.31933/dijdbm.v1i5.481

Nilasari, G., Ginting, P., & Lubis, A. N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Produk Skincare MS Glow (Studi pada Masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu Utara). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 8841–8849. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.4670

Ningsih, T. M., Apriyanti, & Setyahety, R. A. (2022). Analisis Harga Dan Faktor Emosional Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Whitening Di Marketplace (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Kecantikan Scarlet Whitening Di Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 4 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Madiun. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3208

Patrichia Anika Amalo, Simon Sia Niha, Henny A. Manafe, A. P. (2023). Pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser, Brand Image, terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan MS Glow Kupang dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 04(6), 48–65.

https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i6.1617

Prahastisalsabila Salsabila, & Nurhadi. (2022). Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek pada produk Hand & Body Lotion Lotion Nivea. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 184–198.

https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.869

Praja, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sabun Lifebuoy Di Kecamatan Bondowoso). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH,Vol.21,156–175.

https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i1.3092

Prasetyo, M. Muflih, And S. W. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Dinamis, 62–79. https://jurnalmanagement.stienganjuk.ac.id/index.php/jmd/article/view/14

Prayitna, P. P., & Hapsari, Raditha Dwi Vata SE., MM., P. . (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Brand Trust terhadap Loyalitas Merek Marina Hand & Body Lotion pada Masyarakat di Kota dan Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB: Universitas Brawijaya, 9(2).

https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7695

Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2004). SPSS and SAS procedures for estimating indirect effects in simple mediation models. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers, 36(4), 717–731.

https://link.springer.com/article/10.3758/BF03206553

Putri Septi, S., Nurtjahjadi, E., Studi Manajemen, P., Ekonomi, F., Jenderal Achmad Yani, U., & Barat, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Hand and Body Lotion Marina di Kota Bandung (The Influence of Product Quality and Price on Consumers’ Interest to Repurchase Marina’s Hand and Body Lotion in Bandung City). 4(3), 173–183.

https://doi.org/10.35912/jakman.v4i3.1935

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 112.

http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/management

Roberts, James A., And D. R. B. (1997). Exploring The Subtle Relationships Between Environmental Concern And Ecologically Conscious Consumer Behavior. Journal Of Business Research, 40 (1), 79–89.

https://doi.org/10.1016/S0148-2963(96)00280-9

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics For The Behavioral Sciences. (Second). New York, Holt, Rinehart andWinston. https://archive.org/details/fundamentalresea0000rosc_g6d0/page/n7/mode/1up?view=theater

Salsabila, A. N., Saidani, B., & Rivai, A. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Pelanggan Gen Z. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3.

http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/616

Sampe, Y. D., & Tahalele, M. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Vivo Pada Toko Bandung Jaya A.Y Patty Ambon. Jurnal Administrasi Terapan, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.31959/jat.v2i1.1388

Saputra, N. (2020). Strategi Penetuan Harga dan Bauran Pemasaran (GCAINDO (ed.); Pertama, Issue December). Diandra Kreatif/Mirra Buana Media (Imprint Grup Penerbitan CV. Diandra Primamitra Media) Anggota IKAPI No. 062/DIY/08) Jl. Melati No. 171, Sambilegi Baru Kidul Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Telepon: https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/347136446

Saputri, I. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 18–26.

https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.357

Sari, A. E., & Trisnowati, J. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Skincare Merek Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta). Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, 21(2), 150–158. https://unsa.ac.id/ejournal/index.php/smooting/article/view/1103

Sasono, E., Nafiah, Z., & Widiyasari, D. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Oemah Herborist. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(2), 579–592.

http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i2.6401

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis: (Edisi 6). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiama. (2014). Metode Riset Bisnis dan Manajemen (4th ed.). Bandung: CV Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANdi Offset.

Top Brand Index, 2022

https://www.topbrand-award.com/metodologi-survei

Top Brand Index, 2023

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/

Trihudiyatmanto, M. (2023). Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Dalam Hubungan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ekobis Dewantara, 6(2),453–465.

https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/3621/925

Wardi, Y. (2022). The Influence Of Live Sale And Flash Sale On Repurchase Intention In The New Normal Era On Shopee Customers In Padang City. Banking & Management Review, 1512–1525.

http://ojs.ekuitas.ac.id/index.php/bmr/article/view/508/305

Widyastuti, Z. O., & Hidayat, D. S. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pada Produk Ms Glow For Men. 6(4), 2197–2214.

https://jurnal.stieaas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/7469

Downloads

Published

2024-07-31