MENGGALI PERILAKU KONSUMEN PADA PENGGUNA KOSMETIK DI TOKO OFFLINE
Keywords:
Consumer Behavior, Local Beuty Products, Offlines Store, Custumer SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen yang membeli produk kecantikan wajah merek lokal Wardah Kosmetik melalui toko offline. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan mencakup pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada konsumen yang membeli produk kecantikan wajah dari Wardah Kosmetik di toko fisik. Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengetahui pola perilaku konsumen pada saat proses pembelian. Penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kenyamanan, kepercayaan, kepuasan, dan pengalaman pengguna secara signifikan mempengaruhi preferensi konsumen ketika memilih antara pembelian dari toko offline. Konsumen yang memilih berbelanja di dalam toko cenderung menghargai pengalaman tatap muka dan interaksi manusia. Mereka cenderung menekankan pada gender. Dan juga faktor harga, periklanan, dan keamanan transaksi juga mempengaruhi preferensi pembelian konsumen di toko offline. Hasil ini memberikan wawasan berharga bagi pemasar produk kecantikan wajah lokal seperti Wardah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen saat membeli produk kecantikan. Selain itu, temuan ini juga berkontribusi pada literatur tentang perilaku konsumen saat membeli produk kecantikan wajah di pasar lokal.Downloads
References
A Burda, R Haholongan (2021). The Influence Of Service quality On Customer Satisfaction Workshops. International Journal Economic And Business Applied 2 (3),377-384
AB Wicaksono, R Haholongan. (2022).The Influence of word of mouth, taste image and price on purchasing decisions on wonogiri H. JUARI MEATBALLS In East Jakarta. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ) 4 (01), 17-27
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran (1st ed.). Deepublish
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182
Indah Fitriyani. 2019. “Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan iklan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah” Skripsi. Klaten. Universitas Widya Dharma Klaten.
Komala D.Y., Analisis Perilaku Minat Beli Konsumen Wardah Kosmetik Bersertifikasi Halal. Klaten, Jawa Tengah: Universitas Widya Dharma, 2020.
Muchtaridi. (2017). Kosmetika halal atau haram serta sertifikasinya. Majalah Farmasetika, Vol. 2 No.1
Nisa, K. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Tempat Belanja (Studi Kasus Minimarket Dan Toko Kelontong Di Kelurahan Kali Rungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya).
R Haholongan, R Junianinda, R Fadhila, IP Octaviani, Z Zainab, A. Saechu. (2024).Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Kepada UMKM Café Mini Di Wilayah Jakarta Timur. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 3804-3807
R Haholongan, R Kananto, S Fazreen, DR Putri, AD Hapsari, N Nirmalisa, N.Septiana(2024).Penyuluhan Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Kepada Pelaku Usaha Ikan Hias Jatinegara. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 3223-3227
R Haholongan, FN Anwar, ZHI Mumtaz, S Aisyah, F Maharani . (2024).Changes in Consumer Behavior Through Digital Transaction Counseling at the Student Cooperative (KOPMA). Entrepreneurship and Community Development 2 (1), 1-7
Ramadani D., “Hubungan Antara Kepuasan Konsumen dan Citra Merek Dengan Loyalitas Merek Pada Mahasiswi Pengguna Kosmetik Wardah”, Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Intan, SKRIPSI., 2020.
Rambe, R., Persepsi Dosen Dan Karyawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Terhadap Iklan Produk Kosmetik Wardah., Lampung, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, SKRIPSI., 2019
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal
Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen) (T. Admojo (Ed.); 1st ed.). CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Taqwa, Y. (2020, Februari). Pasar Potensial Produk Kosmetik Indonesia. Jakarta: Pelaku Bisnis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.