PENGARUH MEDICAL SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BEROBAT KEMBALI YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PASIEN DI RSIA BUNDA ARIF PURWOKERTO

Indonesia

Authors

  • Ardhya Arifah Zahro Ardhya Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Edi Nurtjahjadi Nurtjahjadi

Keywords:

medical service quality1, patient satisfaction2, patient loyalty3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh medical service quality terhadap minat berobat kembali melalui kepuasan pasien di RSIA Bunda Arif Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini survey dengan pendekatan kuantitatif pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi deskriptif dan analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda. Penelitian ini mengambil sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 95 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medical service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berobat Kembali melalui kepuasan pasien. Menunjukkan bahwa pelayanan medis yang berkualitas akan menumbuhkan kepuasan pasien yang dapat meningkatkan minat berobat Kembali pasien di RSIA Bunda Arif Purwokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D., Rachmawati, D. A., & Hairrudin, H. (2018). Hubungan Indeks Kepuasan Pasien tentang Mutu Pelayanan Dimensi Kehandalan dengan Minat Berobat Kembali di RSD Kalisat Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan, 6(2), 278. https://doi.org/10.19184/pk.v6i2.7668

Citra, E. widya, Razak, A., & Amelia, R. (2021). Pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan kembali melalui kepuasan pasien di rawat inap rsud salewangan maros tahun 2021. Sinergitas Multidisplin Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4, 379–396.

Databoks, 2021. (2022). Databoks, 2021. Jumlah Sarana Kesehatan Di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/07/berapa-jumlah-sarana-kesehatan-di-indonesia#:~:text=Berdasarkan laporan Statistik Indonesia%2C terdapat,kesehatan di Indonesia pada 2021.

Hasibuan, R. R., Hasanah, Y. N., Dewi, R., & Purwatiningsih. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi loyalitas pasien di rumah sakit umum daerah. JMBK (Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan), 4(1), 1–9.

Honifa, H., Derriawan, D., & Sampurno, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pasien Umum yang Berdampak Kepada Berkunjung Kembali di Klinik Andilia Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 21(1), 25–32. https://doi.org/10.33221/jikes.v21i1.1746

Jalias, S. J. F. D., & Idris, F. P. (2020). Pengaruh mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat kembali pasien melalui tingkat kepuasan di puskesmas tamalate makassar 2020. Journal of Muslim Community Health, 1(2), 37–49.

Khasanah, U. U., & Mahendri, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Kunjungan Kembali Pasien melalui Kepuasan di Puskesmas Umum Ngimbang. 22(1), 85–96. https://doi.org/10.32639/fokbis.v22i1.384

Marhawati, M. (2022). Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. An Idea Nursing Journal, 1(01), 6–13. https://doi.org/10.53690/inj.v1i01.109

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1994). Alternative scales for measuring service quality: A comparative assessment based on psychometric and diagnostic criteria. Journal of Retailing, 70(3), 201–230. https://doi.org/10.1016/0022-4359(94)90033-7

Rohmatul Ula, V., Ahsanul Hayat, A., & Ahmad Dahlan Lamongan, I. (2021). Meningkatkan Kepuasan Pasien melalui Pelayanan Prima dan Trust Pasien. Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 37(1), 46–56.

Sekaran, Uma, & Bougie, R. (2017). Research Methods For Bussiness.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Research Methods For Bussiness.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Watu, M. D. N., Suprapto, H., & Sugandini, D. (2021). Peran Mediasi Kepercayaan Pada Pengaruh Kualitas Website Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Ulang Di Tokopedia Oleh Konsumen Online Generasi Milenial Di Daerah Istimewa Yogyakarta Maria. Jurnal Seminar Nasional Informatika, 1(1), 337–351. http://103.23.20.161/index.php/semnasif/article/view/6082/0

Wijaya, P. S. M., & Lomi, R. (2019). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PASIEN, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA. 61–77.

ARTIKEL

https://www.kompasiana.com/agapritas/5ca8a475a8bc150 7062 1c2b6/hari-kesehatan-dunia-dan-cakupan-kesehatan- semesta?p age=2&page_images=1 Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023

https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/ 0000/api_pub/biszcFRCUnVKUXNnTDZvWnA3ZWtyU T09/da_04/1 Diakses pada tanggal 1 November 2023

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/13/jumlah-rumah-sakit-di-indonesia-capai-2522-unit-pada-2021

https://dataindonesia.id/kesehatan/detail/ada-3072-rumah-sakit-di-indonesia-pada-2022

https://www.cnbcindonesia.com/research/20230214075125-128-413532/rumah-sakit-umum-di-ri-meningkat-paling-banyak-punya-swasta

https://kbbi.web.id/pelayanan

https://kbbi.kata.web.id/pelayanan-medis/

Downloads

Published

2024-12-30