EVALUASI KRITIS GREEN MARKETING SEBAGAI BRAND IMAGE PADA STARBUCKS TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Penulis

  • Mei Indrawati Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v8i1.10563

Kata Kunci:

Brand Image, Evaluasi, Green Marketing

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Coffee Shop Starbucks Tunjungan Plaza Kota Surabaya. Urgensi penelitian ini pemahaman operasi Starbucks terhadap lingkungan local, penggunaan sumber daya alam, pengelolaan limbah, dan kontribusi terhadap masalah lingkungan. Rumusan masalah penelitian yaitu: 1) Bagaimana penerapan green marketing di Starbucks Tunjungan Plaza Kota Surabaya? 2) Bagaimana green marketing dapat menjadi brand image di masyarakat? 3) Bagaimana kendala yang dihadapi Starbuck dalam penerapan strategi dan praktik green marketing di Kota Surabaya? Metode penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif yang menjelaskan fenomena berdasarkan hasil temuan penelitian yang dikombinasikan dengan penggunaan teori yang relevan. Teknik analisis data penelitian ini meliputi triangulasi data yang didasari pada data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan Coffee shop Starbucks menciptakan dampak positif yang signifikan melalui program-program daur ulang, sourcing biji kopi dan pengurangan limbah. Kombinasi ini memiliki tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi sehingga memunculkan keterikatan emosional yang kuat dengan pelanggan. Rahasia kesuksesan coffee shop Starbucks adalah kombinasi green marketing dan brand image yang kuat sehingga menjadi pendorong utama kesuksesan bisnis berkelanjutan pada masyarakat dan lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aaker, D. (2019). Commentary: do brands compete or coexist? By Sheth and Koschmann. From brand to subcategory competition. European Journal of Marketing, 53(1), 25–27.

Adindo, A. W. (2021). Kewirausahaan dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai dan Mengelola Bisnis. Deepublish.

Anwar, M. (2022). Green Economy Sebagai Strategi Dalam Menangani Masalah Ekonomi Dan Multilateral. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 343–356.

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 7(2).

Detik. (2023). Ada 111 Ribu Ton Sampah Plastik di Surabaya Tiap Tahun. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6024367/ada-111-ribu-ton-sampah-plastik-di-surabaya-tiap-tahun

Elfaitori, O. (2021). The New Strategic Brand Management: Advanced Insights and Strategic Thinking by Jean-Noel Kapferer (Book Summery).

Fataron, Z. A. (2022). Elaborasi Green Marketing dan Islamic Marketing Ethics (Studi Kasus UMKM di Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 80.

Gora, R., & S Sos, M. M. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. Jakad Media Publishing.

Halik, A. (2018). Paradigma kritik penelitian komunikasi (pendekatan kritis-emansipatoris dan metode etnografi kritis). Jurnal Dakwah Tabligh, 19(2), 162–178.

Hikmatunnisa, H., Purwanti, R. S., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Pembeli Yang Menghuni Perumahan Garden City Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(3), 130–140.

Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.

Manongko, A. A. C. (2018). Green Marketing (Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned Behavior). Yayasan Makaria Waya.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

Nais, M. F. (2022). TANTANGAN DAN PELUANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA DI ERA INDUSTRI 4.0. Prosiding Forum Ilmiah Nasional Teknik, 1(1), 183–194.

Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Deepublish.

Putera, K. S., Lolita, T. L. V., Fakhruddin, I., Wahjuwibowo, I. S., Bangun, C. R. A., Amalia, S., Parulian, N. A., Utoyo, A. W., Angelia, C. R., & Astagini, N. (2023). Leadership & Communication. Get Press Indonesia.

Putra, A. P. (2023). Digital Economy Externalities In Disruption Occupational: A Case Study Of Indonesia. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 11(2), 422–433.

Putra, A. P., & Aristyanto, E. (2021). Analysis of Existential Feminism Struggle of Women Online Drivers During the Covid-19 Pandemic. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 5(2), 143–158.

Putri, Y. A., Sulbahri, R. A., & Kusuma, G. S. M. (2023). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Kinerja Keuangan Dan Non-Keuangan Perusahaan. Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 33–50.

Qomariah, N. (2021). Pentingnya Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung: Studi Pengaruh Customer Value, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Pariwisata Pantai. Pustaka Abadi.

Rahmawati, M., Pratiwi, S. R., Devi, C., & Nainggolan, Y. T. (2022). Penerapan Strategi Green Marketing Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika, 13(01), 1–18.

Saputra, R., & Kustina, K. T. (2019). Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Penilai Ditinjau Dari Motivasi Sosial, Motivasi Karir Dan Motivasi Ekonomi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 73–80.

Sari, N., & Zulkifli, Z. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Biaya Lingkungan Sebagai Pertanggungjawaban Sosial di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Sihombing, E. K., & Tobing, R. P. (2023). Pengaruh Green Product dan Service Quality Terhadap Purchase Decision pada Fore Coffee di Jakarta Pusat. Ethics and Law Journal: Business and Notary, 1(2), 90–103.

Soleha, H. S. (2019). Pengaruh Green Marketing dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Ulang pada Starbucks Lampung. Universitas Lampung.

Tampubolon, M. P. (2020). Change Management: Manajemen Perubahan: Individu, Tim Kerja, Organisasi. Mitra Wacana Media.

Utama, I. D. A. G. A. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Udayana University.

Viani, A., Prabawani, B., & Dewi, R. S. (2022). Analisis Green Supply Chain Management dan Porter’s Five Forces pada Industri Pertanian Kopi (Studi Kasus UMKM Two Heart Kopi Posong). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 298–300.

Wella, S. F., & Chairy, C. (2020). Implementasi Sustainability Sebagai Alat Pemasaran Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 343–354.

Widyastuti, S. (2019). Sebuah Sintesis Pada Literatur: Strategi Intervensi Pemasaran Hijau Menuju Pembangunan Berkelanjutan (A Synthesis of Literature: A Green Marketing Intervention Strategy towards Sustainability Development). JRB-Jurnal Riset Bisnis, 2(2), 83–94.

Yanti, R., Nuvriasari, A., Harto, B., Puspitasari, K. A., Setiawan, Z., Susanto, D., Harsoyo, T. D., & Syarif, R. (2023). Green Marketing For Business. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yunus, R. M. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Hijau Di Dalam Industri Minyak Kelapa Sawit Di Negara Indonesia. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 2(1), 1–13.

Diterbitkan

2024-02-02