FAKTOR KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK; KAJIAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Penulis

  • Alwandi Yanta Krisna Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.9797

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab keterlambatan anak dalam berbicara. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya ialah studi literatur. Sumber data penelitian ini ialah artikel penelitian yang relevan. Data penelitian ini ialah hasil penelitian yang relevan. Untuk memvalidasi, peneliti menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang diguanakn ialah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan, faktor yang menyebabkan keterlambatan berbicara pada anak ialah faktor internal yang terdiri dari genetika dan juga hormon testosterone. Sedangkalan faktor eksternal yang menyebabkan keterlambatan berbicara yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama dalam pengawasan anak dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat melalui pengawasan medis dan sosial. Diharapkan penelitian ini menjadi evaluasi dalam pengawasan tumbuh kembang anak dnegan keterlambatan berbicara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anhusadar, L., & Kadir, A. (2023). Fathering dalam Pengasuhan Masyarakat Suku Bajo Anak Usia Dini pada Masyarakat Suku Bajo. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(November 2022), 21–30. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.157

Aprilda, N. M. M., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2021). Pengaruh afasia pada produksi ujaran dalam proses berbahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(1), 10–17. https://doi.org/10.26555/jg.v3i1.2180

Aurelia, T., Rahminawati, N., & Inten, D. N. (2022). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 69–78. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3504

Bussa, B. D., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W., & Kiling, I. Y. (2018). Persepsi ayah tentang pengasuhan anak usia dini. Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 126–135. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jpu/index

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In H. Salmon, C. Neve, M. O’Heffernan, D. C. Felts, & A. Marks (Eds.), Journal of Chemical Information and Modeling (6th ed., Vol. 53, Issue 9). SAGE Publications, Inc.

Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 116–128. https://doi.org/10.1097/ccm.0b013e3182963c01

Dian Oktary, Arien, W., Syafitra, V., Permata, D. I. A., Hanifah, B., Azzahra, N., Rahmawati, A., & Indria, S. (2022). Keterampilan Bicara (Speed Delay) pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(11), 1707–1715.

Fadni, S. N. (2023). Upaya Meningkatka Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Gambar(Flash Card) dan Video Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 226–235.

Fitriyani, Sumantri, M. S., & Supena, A. (2018). Gambaran Perkembangan Berbahasa pada Anak dengan Keterlambatan Bicara (Speech Delay): Study Kasus pada Anak Usia 9 Tahun Kelas 3 SD di SDS Bangun Mandiri. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 59–64.

Furaida, I. D., Azizah, N., Leonida, F. D. E., Khuril’Aini, Yusmar, F., Mahardika, I. K., & Fadilah, R. E. (2023). Pengaruh Lingkungan Informal Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. FKIP E-Proceeding, 25–28.

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214

Inayati, A., & Rini, S. (2023). Analisis Berbicara dan Permasalahannya Pada Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Sekolah, 7(2), 249–258.

Kuntarto, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. In Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.

Miles, B. M., & Huberman, M. A. (2014). An analytic approach for discovery. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).

Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Psikolinguistik Dan Alquran. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245

Rabhany, A. T., & Setiawan, H. (2023). Analisis Fisiologi Terhadap Penderita Gangguan Berbicara Cadel pada Usia Dewasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7803849

Saputra, A., & Kuntarto, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Prasekolah. Repository Unja, 1–14. https://repository.unja.ac.id/11182/

Suastika, K. A. B., & Wulandari, R. D. (2022). Mutasi Genetik Pada Kasus Gagap: Studi Pustaka. Medika Kartika Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 5(Volume 5 No 4), 424–435. https://doi.org/10.35990/mk.v5n4.p424-435

Sujana, R., Kusmana, A., & Kuntarto, E. (2020). Peranan Gambar Sebagai Pajanan Bahasa dalam Mempercepat Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Komposisi, 5(2), 77–86.

Wardhana, I. G. N. P. (2013). Perkembangan Bahasa pada Anak 0-3 Tahun dalam Keluarga. Jurnal Linguistik, 20(39), 95–101.

Yulianda, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Berbicara Pada Anak Balita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 12–16. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1137

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02