PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN UNTUK MEMPERKENALKAN MAKNA UNGKAPAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nadia Apriliana Universitas Muhammadiyah Pro. Dr. Hamka
  • Novanita Whindi Arini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.9152

Kata Kunci:

Kartu Berpasangan, Makna Ungkapan, Pengembangan

Abstrak

Media pembelajaran merupakan sarana untuk kegiatan pembelajaran dengan tujuan membantu guru dalam penyampaian materi kepada peserta didik. Kelas rendah terutamanya di kelas II mengalami kesulitan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi makna ungkapan. Kesulitan yang dialami peserta didik yaitu memahami makna dari ungkapan dikarenakan memiliki banyak kosakata dan media pembelajaran yang kurang memadai. Dengan itu peneliti mengembangkan kartu berpasangan yang bertujuan untuk memperkenalkan makna ungkapan pada peserta didik sehingga dapat memahami dan menguasai makna ungkapan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui validasi dan uji coba. Hasil validasi penelitian Kartu Berpasangan yang dilakukan oleh ahli media, materi dan pakar pendidikan mendapatkan rata-rata 94,66% yang dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Uji coba kecil Kartu Berpasangan dengan skor 87% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Hasil Uji coba besar Kartu Berpasangan diperoleh dengan skor 89% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Maka hasil uji coba kecil dan uji coba besar diperoleh dengan rata-rata 88% sehingga dinyatakan sangat layak untuk digunakan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

(BASASTRA), P. B. (2018). Ummul Khair. Jurnal Pendidikan Dasar, 84.

Astuti, I. M. (2017). Hidup Rukun. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Damayanti, M. I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA CORD (COUPLE CARD) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Dwi Putri Eka Ratna Avifah, E. N. (2022). Analisis Ungkapan Idiomatik pada Buku Siswa Kelas II Tema 1 Sub Tema 1. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2508.

Gita Permata Puspita Hapsari, Z. (2021). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. JURNAL BASICEDU, 2385.

Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Kajian Keislaman, 130.

Khavisa Pranata, A. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Zoom terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6233.

M. Askari Zakairah, V. A. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITAFI, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D).

Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Maydiantoro, A. (2021). MODEL - MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN. Jurnal dan Prosiding - LPPM UNILA, 6-7.

Miftachul Jannah, J. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DIGESTIVE SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 128.

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 141.

Puspitas, Y. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Palembang.

Saputra, R. R. (2022). BAHASA INDONESIA. Banjarmasin: POLIBAN PRESS.

Saputro, T. W. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KADO (KARTU JODOH) PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN JATIGREGRE 2. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 232.

Suherman, A. R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHNNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 3- 4.

Sujinah, i. f. (2018). Buku Ajar Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Surabaya: UMSurabaya Publishing.

Sutrisno, H. P. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 84

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02