Pe Pengaruh Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Baru 07 Pagi

EFFECT OF READING CORNER IN INCREASING INTEREST IN READING AND LEARNING OUTCOMES OF INDONESIAN LANGUAGE CLASS IV STUDENTS AT SDN BARU 07 MORNING JAKARTA EAST

Penulis

  • Putri Rianti Anti 2023

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.9056

Kata Kunci:

Kata kunci: Pojok baca, minat membaca, hasil belajar Bahasa Indonesia

Abstrak

Putri Rianti. NIM : 1901025092. Pengaruh pojok baca dalam meningkatkan minat membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN Baru 07 Pagi Jakarta Timur Jakarta : Program Studi Pedidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamm-adiyah Prof. Dr. Hamka, Juni 2023 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pojok baca terhadap minat membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN Baru 07 Pagi Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Baru 07 Pagi sebanyak 60 orang siswa. Dalam penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan 30 siswa dari masing masing kelas IV dan IV B sebanyak 15 siswa. Data minat baca dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan hasil nilai rapor Bahasa Indonesia semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Data dianalisis menggunakan analisis uji validitas, uji realibilitas instrument, statitik deskriptif, uji prasyarat; uji normalitas, ujihomogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji regresi sederhana. Pengujian analisis tersebut dilakukan dengan berbantuan excel dan SPSS 24 for  windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif signifikan antara pojok baca terhadap minat membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN Baru 07 Pagi Jakarta Timur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi (S. Y. N. Indah (ed.); Agustus, 2). Bumi Aksara.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Asman, A. (2021). Sumber Data, Populasi dan Sampel Penelitian Hukum Islam. Institut Agama Islam (AIA) Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, 15.

Faizah, D. D. U., Dr. Susanti Sufyadi Lanny Anggraini, M.A Waluyo, M. ., Sofie Dewayani, Ph.D Wien Muldian, S. ., & Dwi Renya Roosaria, S. . (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280

Rifaii, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian (Februari 2). SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK. ALFABETA.

Valen & Satria, T. G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02